Pilkada Serentak

Elektabiltas Tinggi Jadi Alasan Demokrat Usung Giriasa di Pilkada Badung

Komitmen Demokrat tersebut terlihat saat Ketua Umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyerahkan rekomendasi ke duet tersebut

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
Istimewa / Foto I Made Sunarta
Penyerahan rekomendasi kepada Paslon Giriasa oleh Ketua Umum Partai Demokrat kepada Suiasa, Senin (31/8/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Langkah pasangan Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa (Giriasa) di Pilkada Badung 2020 benar-benar tak tertandingi.

Pasalnya, usai mendapat rekomendasi dari PDIP dan Golkar, giliran Partai Demokrat yang merapat ke duet tersebut.

Komitmen Demokrat tersebut terlihat saat Ketua Umum DPP Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyerahkan rekomendasi ke duet tersebut yang diterima oleh Cawabup, Ketut Suiasa.

Penyerahan surat rekomendasi bernomor: 248/SK/DPP.PD/VIII/2020, yang ditandatangani Ketua Umum Agus Harimurti Yudhonono dan Sekjen Teuku Reifky Harsya itu sendiri dilakukan di Kantor DPP Demokrat, Senin (31/8/2020) kemarin.

AHY Serahkan Rekomendasi, Partai Demokrat Resmi Dukung Pasangan GiriAsa di Pilkada Badung 2020

Besok, PDIP Bakal Umumkan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Pilkada Surabaya 2020

Hal Ini Harus Diperhatikan Manajemen untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Perkantoran

Dalam penyerahan tersebut hadir juga Wasekjen DPP Demokrat Putu Supadma Rudana, Ketua DPD Demokrat Bali Made Mudarta dan Ketua DPC Demokrat Badung I Made Sunarta.

Saat dikonfirmasi, Sunarta menjelaskan bahwa awalnya rekomendasi akan diserahkan pada 17 Agustus 2020 lalu.

Namun, karena ada sesuatu dan lain hal, pihaknya baru menyerahkannya pada Senin (31/8/2020) kemarin.

“Rekomendasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum Bapak Agus Harimurti Yudhoyono kepada bapak Ketut Suiasa, yang mewakili pasangan calon Giriasa,”ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (1/9/2020).

Ia juga mengaku bahwa keputusan untuk mengusung duet Giriasa tersebut merupakan bagian dari usulan DPC Demokrat Badung usai melihat aspirasi masyarakat Badung dan para kader Demokrat di Gumi Keris tersebut.

Hasil penjaringan aspirasi tersebut langsung dibawa ke DPD Bali dan DPP Demokrat Bali pada 14 Maret 2020.

“Kami berharap pasangan Giriasa dapat diberi kesempatan untuk ngayah kedua kalinya oleh masyarakat Badung, dan paangan yang akan melawan Kotak Kosong ini dapat lebih memenuhi harapan rakyat yang diperjuangkan oleh Partai Demokrat,” papar Sunarta.

Di sisi lain, Wasekjen DPP Demokrat, Putu Supadma Rudana alias PSR mengakui bahwa keputusan Demokrat ke Giriasa ini berdasarkan aspirasi dari para kader Demokrat dari akar rumput di Badung.

"Demokrat mengusung Giri -Asa karena adanya usulan dari arus bawah (DPC Demokrat Badung) melalui aspirasi dari akar rumput, mulai PAC, ranting dan anak ranting kepada DPP Demokrat yang ditindaklanjuti Wasekjen DPP Demokrat PSR kepada Ketua Umum DPP Demokrat. Komunikasi politik di Badung yang dilakukan Ketua DPC Made Sunarta dengan PDIP ini jadi dasar usulan ke Ketum," ujar dia, Selasa (1/9/2020).

Selain itu, pihaknya juga melihat bahwa elektabiltas duet Giriasa juga sulit untuk ditandingi.

Misteri Senjata Api yang Dibawa Tri Nugraha, Begini Ungkap Kapolresta Denpasar

Ungkap Ops Antik Agung II Tahun 2020, Polresta Denpasar Temukan Narkotika dan Miras

Kebakaran Terjadi di Pura Dalem Setra Sidayu Tojan, Kerugian Diperkirakan Sekitar Rp. 200 Juta

 "Aspirasi akar rumput melalui kader dibawah  juga telah dibuktikan dan diuji dengan metode politik sebelum menentukan dukungan kepada Paslon, yakni dengan survei elektibilitas kandidat yang dilakukan DPP Demokrat di Pilkada Badung," ujarnya.

Apalagi, untuk membangun Kabupaten Badung,  Demokrat memerlukan sinergis dan kebersamaan dengan rakyat.

"Dari aspirasi arus bawah yang mengimplementasikan keinginan rakyat  untuk Pilkada Badung 2020, maka Ketua Umum DPP Demokrat realistis menimbang dan mengkaji. Bahwa untuk membangun Kabupaten Badung,  Demokrat memerlukan sinergis dan kebersamaan dengan rakyat. Sehingga dalam Pilkada Badung diputuskan berkoalisi bersama PDIP dengan mengusung Giri-Asa," paparnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved