Breaking News:

Bantu Para Petani, Bunga Kasna di Lereng Gunung Agung Karangasem Ingin Dijadikan Ikon Bali

Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), keberadaan pariwisata Bali benar-benar terpuruk.

Dokumentasi Pemprov Bali
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) Provinsi Bali, Putri Suastini Koster bertemu dengan Kepala Divisi Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Bali, Donny Heatubun saat meninjau pelaksanaan Pasar Gotong Royong di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (4/9/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), keberadaan pariwisata Bali benar-benar terpuruk.

Melihat situasi tersebut, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda) Provinsi Bali berinisiatif untuk kembali mengangkat kerajinan dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai salah satu tulang punggung perekonomian.

"Salah satunya adalah para petani bunga kasna di lereng Gunung Agung. Saya ingin ke depannya kita kembangkan bunga kasna menjadi salah satu ikon Bali, bahkan diangkat menjadi kerajinan," kata Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Suastini Koster.

Hal ini ia sampaikan saat bertemu Kepala Divisi Tim Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Bali, Donny Heatubun saat meninjau pelaksanaan Pasar Gotong Royong di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (4/9/2020).

Selama ini bunga kasna yang masih serumpun dengan bunga edelweiss tersebut biasanya digunakan untuk sarana upacara Hari Raya Galungan.

Hari Pelanggan, PLN Beri Keringanan Biaya Penyambungan Tambah Daya Sebesar 75 Persen Bagi UMKM/IKM

Antoine Griezmann Ingin Messi Tetap di Barcelona

Xiaomi Redmi 9C Bakal Meluncur di Indonesia 9 September 2020

“Jika kita lihat kegunaan awalnya sebagai sarana upacara untuk Hari Raya Galungan saja, maka otomatis produksinya hanya enam bulan sekali. Itu tentu saja tidak baik bagi perekonomian warga di sana. Maka kita perlu jaga produksinya agar tetap kontinyu," ucapnya.

Maka dari itu, Putri Koster berharap Bank Indonesia Perwakilan Bali bisa ikut membantu para petani di sana sekaligus memberikan pembinaan.

Dirinya juga berharap para petani di lereng selatan Gunung Agung bisa membentuk koperasi, sehingga hasil panen bunga kasna para petani bisa ditampung di koperasi serta menjaga harga tetap wajar.

“Jika semua bisa terwujud, saya yakin para petani bisa sejahtera. Selain mengangkat kesejahteraan masyarakat petani di Desa Temukus lereng Gunung Agung, juga bisa membuat kerajinan dari bahan bunga kasna dengan ciri khas Bali, kemudian bisa dipasarkan hingga ke kancah internasional,” ujarnya.

Meski Taiwan Mundur dari Piala Thomas 2020, Chou Tien Chen Tetap Tak Kehilangan Semangat Kompetisi

Agar Diet Berhasil, Berapa Asupan Kalori Per Hari yang Harus Dipenuhi?

Mantan Gelandang Barcelona Sebut Luis Suarez Bisa Jadi Tambahan Lini Depan Juventus

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved