5 Pejabat Korea Utara Dieksekusi Mati, Kritik Kebijakan Kim Jong Un

Rincian percakapan mereka dikatakan telah dilaporkan kembali ke atasan mereka sebelum mereka dipanggil ke sebuah pertemuan dan ditangkap oleh polisi

Editor: Kambali
KCNA via REUTERS
ILUSTRASI - Pemimpin Korea Utara Kim Jong un memimpin sidang Komisi Militer Pusat Partai Buruh Korea Utara dalam gambar yang dirilis oleh Korean Central News Agency (KCNA) pada Minggu (24/5/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, LONDON - Korea Utara dilaporkan telah mengeksekusi lima pejabat di Kementerian Ekonomi setelah mereka mengkritik kebijakan Kim Jong-Un.

Para pejabat partai komunis ini diperkirakan ditembak oleh regu tembak pada 30 Juli lalu.

Eksekusi ini dilakukan setelah mereka berbicara tentang kebijakan ekonomi rezim Kim yang telah membuat negara itu menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

Donald Trump Sebut Kim Jong Un Mengaku Bagaimana Membunuh Pamannya Sendiri

Pembelot Korea Utara Ini Sebut Kim Jong Un Dewa yang Bisa Baca Pikiran Warganya

Rincian percakapan mereka dikatakan telah dilaporkan kembali ke atasan mereka sebelum mereka dipanggil ke sebuah pertemuan dan ditangkap oleh polisi rahasia.

Pejabat Daerah di Korut yang Gagal Lindungi Warganya dari Bencana,Bersiap Terima Hukuman Kim Jong Un

Kelima pria tersebut, awalnya di undang ke sebuah acara jamuan lalu secara terbuka membahas stagnasi ekonomi negara yang termiliterisasi serta perlunya reformasi industri karena terus memproduksi sedikit barang konsumsi untuk warganya yang miskin.

Menurut DailyNK seperti dikutip Dailymail, para pria ini juga berbicara tentang perlunya Korea Utara mencari kerja sama asing untuk mengatasi sanksi perdagangan yang membayangi negaranya.

Laporan media ini juga mengatakan bahwa kepala Kementerian Ekonomi, serta Kim Jong-Un sendiri, diberitahu tentang komentar tersebut sebelum pihak berwenang meluncurkan penyelidikan internal.

Kim Jong Un Perintahkan Tembak Mati Orang yang Berada di Perbatasan China, Cegah Penyebaran Covid-19

Dipercaya bahwa para pekerja yang tidak menaruh curiga dipanggil ke pertemuan tersebut sebelum mereka ditangkap dan dipaksa untuk mengaku merusak rezim untuk kemudian dieksekusi.

Daily NK juga mengatakan bahwa keluarga mereka dipindahkan ke kamp politik di Yodeok, Hamgyeongnam-do, yang terkenal karena menampung para pembangkang politik. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Usai kritik kebijakan Kim Jong Un, lima pejabat Korea Utara dieksekusi mati, https://internasional.kontan.co.id/news/usai-kritik-kebijakan-kim-jong-un-lima-pejabat-korea-utara-dieksekusi-mati

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved