Breaking News:

Himpun Masukan dari Para Akademisi di Bali, DPD RI Gelar Uji Sahih RUU Penanaman Modal di Daerah

ilai-nilai sosial di setiap daerah juga berbeda-beda karena didasari oleh semangat desentralisasi bahwa daerah yang lebih tahu kebutuhan daerahnya

Istimewa
Suasana uji sahih naskah akademik Rancangan Undang-Undang (RUU) Penanaman Modal di Daerah di Gedung BH lantai 4, Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unud, Denpasar, Senin (21/9/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bersama Universitas Udayana (Unud) menggelar uji sahih naskah akademik Rancangan Undang-Undang (RUU) Penanaman Modal di Daerah.

Wakil Ketua Komite IV DPD RI, Casytha A. Kathmandu mengatakan, pihaknya telah mendapat masukan dari para akademisi di Bali bahwa jika berinvestasi di Pulau Dewata maka harus mendapat izin dari desa adat.

Maka dari itu, dirinya menegaskan bahwa nilai-nilai kearifan lokal penting untuk terus dipertahankan ketika investor ingin menanam modalnya di daerah

Namun disisi lain, nilai-nilai sosial di setiap daerah juga berbeda-beda karena didasari oleh semangat desentralisasi bahwa daerah yang lebih tahu kebutuhan daerahnya masing-masing.

Meski Terapkan WFH, Pelayanan Samsat di Pemprov Bali Tetap Berjalan Seperti Biasa

Polda Bali Dalami Kasus Dugaan Pelecehan Seksual dan Pemerasan Rapid Test oleh Oknum Tenaga Medis

Cegah Klaster Baru, Dua Polsek Jajaran Polresta Denpasar Ini Semprot Disinfektan

Baginya, hal ini yang harus dipertahankan ketika pemerintah pusat mau membuat peraturan terkait penanaman modal di daerah.

“Jadi nanti daerah bisa menyesuaikan sesuai dengan nilai–nilai yang ada di daerah setempat supaya ketika nanti investasi masuk, maka nilai budaya lokal itu masih tetap bisa ada, lalu dipertahankan dan disesuaikan dengan karakteristik daerah tersebut,” terangnya di sela-sela uji sahih di Gedung BH lantai 4, Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unud, Denpasar, Senin (21/9/2020).

Anggota DPD RI Dapil Jateng itu menargetkan, pada 2020 ini harus sudah selesai rancangan dan draf undang-undangnya.

Kemudian pada tahun depan, RUU Penanaman Modal di Daerah ini diharapkan bisa masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Unud, Prof. Ida Bagus Wyasa Putra, mengapresiasi DPD RI yang memilih kampus negeri tertua di Bali itu sebagai tempat untuk uji sahih RUU Penanaman Modal di Daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved