Breaking News:

Diduga Gangguan Jiwa, Seorang Kakek di Denpasar Mengamuk Saat Dengar Suara Gamelan

Seorang kakek di Denpasar diduga mengidap gangguan jiwa mengamuk saat mendengar suara gamelan

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Irma Budiarti
Satpol PP Denpasar
Kakek KJ (71) saat dievakuasi dari kediamannya menuju Kantor Satpol PP Denpasar, Denpasar, Bali, Kamis (24/9/2020) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - KJ (71), seorang kakek diduga mengidap gangguan jiwa (ODGJ) diamankan Satpol PP Kota Denpasar, Bali, Kamis (24/9/2020) kemarin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar berkoordinasi dengan Damakesmas Denpasar Barat II untuk mengarah ke Kantor Satpol PP Denpasar melakukan pemeriksaan kesehatan.

Koordinator Ambulans BPBD Denpasar, Dewa Mahendra mengatakan, berdasarkan informasi dari keluarga, saat di rumahnya, Peguyangan Kaja, Denpasar Utara, pasien mengamuk dengan menggedor-gedor diduga karena mendengar suara gamelan.

Aksi ODGJ Bakar Kayu Gegerkan Warga, Api Merembet ke Sebuah Gudang di Kelurahan Subagan Karangasem

Sempat Melawan Petugas, Akhirnya Satpol PP dan Polres Karangasem Berhasil Amankan Seorang ODGJ

"Hari ini dilakukan pemeriksaan ODGJ di Kantor Satpol PP Denpasar, ditangani oleh petugas Damakesmas Denbar II, pasien sempat mengamuk saat di rumahnya, menggedor-gedor karena suara gamelan," kata Dewa kepada Tribun Bali, Jumat (25/9/2020).

Sementara itu, Kepala Satpol PP Denpasar, Dewa Gede Anom Sayoga menyebut, kakek yang mengarah ODGJ tersebut diamankan dari kediamannya sejak Kamis (24/9/2020) kemarin, atas permohonan penanganan pihak keluarga dan kepala desa setempat.

"Kemarin kami amankan atas permohonan kepala desa setempat dan keluarga untuk penanganan, karena sempat mengamuk saat di rumahnya," kata dia.

Setelah diamankan di Ruang Binaan Satpol PP Denpasar, kondisi KJ mulai tenang, namun sempat kembali mengamuk dengan berteriak-teriak dan tidak lama kemudian mereda kembali.

ODGJ Berdandan Necis Ala Penyanyi Rap Diamankan Satpol PP Denpasar

Selama Pandemi Covid-19, Satpol PP Denpasar Tangani 40 ODGJ, 2 Orang Reaktif

"Kemarin belum sempat mendapatkan penanganan medis, masuk ruang binaan kami. Di ruang binaan juga sempat mengamuk berteriak-teriak, tidak lama kemudian mereda, kemungkinan dengar suara pengamen yang kami amankan di ruang sebelahnya bermain alat musiknya," ujar Dewa.

Selanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan medis Damakesmas Denbar II dan diskusi pihak keluarga siang ini, akhirnya kakek KJ dilakukan rawat jalan di rumahnya.

"Keputusan medis dan keluarga setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, keluarga memilih mengembalikan ke rumah dengan rawat jalan dan pemantauan medis," jelasnya.

(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved