Rencana Pengusulan Ida Dewa Agung Jambe Jadi Pahlawan Nasional, Ini Langkah Pemkab & Puri Klungkung

Pemkab dan pihak Puri Klungkung sudah merampungkan kajian akademis dan berupaya menyiapkan persyaratan pendukung agar Ida Agung Jambe

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Rapat untuk membahas rencana usulan tokoh kerajaan Klungkung, Ida Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional kembali digelar di Gedung Praja Mandala, Sekretariat Pemkab Klungkung, Rabu (30/9/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Rencana mengusulkan tokoh kerajaan Klungkung Ida Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional,  hingga saat ini belum terealisasikan.

Semenjak pertama kali dicetuskan, rencana ini masih berkutat pada pembahasan.

 Meski demikian, Pemkab dan pihak Puri Klungkung sudah merampungkan kajian akademis dan berupaya menyiapkan persyaratan pendukung agar Ida Agung Jambe bisa segera diusulkan sebagai pahlawan nasional ke Kementerian Sosial.

 Rapat untuk membahas rencana usulan tokoh kerajaan Klungkung, Ida Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional kembali digelar di Gedung Praja Mandala, Sekretariat Pemkab Klungkung, Rabu (30/9/2020).

Touring XSR 155 Sampai di Titik Paling Timur Indonesia

Sampaikan Eksepsi, Jaksa Pinangki Ceritakan Kronologi Pertemuannya dengan Djoko Tjandra

Rekonstruksi Kasus Pelecehan Penumpang di Bandara, Terungkap Tersangka Lakukan Pencabulan Dua Kali

Selain melibatkan Pemkab dan para tokoh puri Klungkung, rapat tersebut juga melibatkan para akademisi dari LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Pengusulan Ida Dewa Agung Jambe didasari, atas tidak kunjung berhasilnya usulan Ida I Dewa Istri Kanya sebagai pahlawan nasional.

Mengingat minimnya dokumentasi yang menggambarkan sosok dari Ida I Dewa Istri Kanya.

Padahal dalam catatan sejarah, tokoh wanita dari Puri Klungkung tersebut, ikut berkontribusi besar dalam perjuangan melawan kolonial dengan memimpin perang puputan Kusamba 1849, dan berhasil menggugurkan salah satu jenderal Belanda paling berpengaruh dimasanya, Andreas Victor Michiel.

" Karena pengusulan Ida I Dewa Istri Kanya sudah gagal, maka sekarang akan diusulkan tokoh puri lainnya, yakni Ida Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional,"

Kabid pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin di Dinas Sosial, Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung I Wayan Wirata mengungkapkan, kajian akademis pengusulan Ida Dewa Agung Jambe sebagai pahlawan nasional sudah rampung.

Bahkan salah satu syarat pendukung pengusulan pahlawan nasional, yakni pembuatan patung Ida Dewa Agung Jambe dari perencanaan dan DED (Detail Engineering Design)  telah rampung sejak 2 tahun lalu.

" Anggarannya sekitar Rp 4,5 miliar. Itu anggaran di perencanaan 2 tahun silam," ungkap Wirata.

Rencana pembagunan patung Ida Dewa Agung Jambe di utara Pemedal Agung Klungkung tidak kunjung rampung, karena masalah aset tanah.

Status aset tanah Objek Kerta Gosa, yang menjadi lokasi rencana pembangunan patung itu belum jelas antara milik Pemkab atau Puri Klungkung.

Andre Vltchek, Jurnalis dan Sutradara Film Bertema G30S/PKI Meninggal di Turki

DPRD Tabanan Gelar Sidang Paripurna Persetujuan Bersama KUA-PPAS dan 6 Buah Ranperda

Ramalan Zodiak 1 Oktober 2020: Kesuksesan di Genggaman Aries, Kemampuan Virgo Memukau Banyak Orang

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved