Breaking News:

Virus Corona Disebut Bisa Bertahan di Kulit Manusia Sekitar 9 Jam, Ini Hasil Penelitian Ilmuwan

Temuan tersebut menggarisbawahi semakin pentingnya rajin mencuci tangan atau menggunakan pembersih untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Editor: Eviera Paramita Sandi
Istimewa
Ilustrasi Tangan 

TRIBUN-BALI.COM - Tak hanya dapat hidup di permukaan benda mati, virus corona baru atau SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 juga dapat bertahan di permukaan kulit manusia.

Dilansir Live Science, Rabu (7/10/2020), disebutkan virus corona dapat bertahan di kulit manusia lebih lama daripada virus flu, menurut sebuah studi baru dari para peneliti di Jepang.

Virus ini tetap dapat hidup pada sampel kulit manusia selama sekitar 9 jam, menurut penelitian tersebut. Sementara itu, strain virus influenza A (IAV) tetap hidup pada kulit manusia selama sekitar 2 jam.

Terancam Dipolisikan Pendukung Puan Maharani Dengan 100 Pengacara, Ini Kata Nikita Mirzani

Namun kedua virus pada kulit itu bisa dengan cepat dinonaktifkan dengan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Pentingnya cuci tangan

Temuan tersebut menggarisbawahi semakin pentingnya rajin mencuci tangan atau menggunakan pembersih untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Studi ini menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 mungkin memiliki risiko penularan kontak yang lebih tinggi (yaitu penularan dari kontak langsung) daripada IAV karena yang pertama jauh lebih stabil pada kulit manusia (daripada yang terakhir)," tulis para penulis dalam makalah itu.

Temuan itu mendukung hipotesis bahwa membersihkan tangan dengan benar adalah hal yang penting untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Penelitian itu dipublikasikan di jurnal Clinical Infectious Diseases pada 3 Oktober 2020.

Sebelumnya, peneliti dari Amerika Serikat juga menganalisis berapa lama SARS-CoV-2 dapat bertahan di permukaan.

Mereka menemukan virus itu tetap dapat bertahan di permukaan tembaga hingga 4 jam, di atas karton hingga 24 jam, dan pada plastik serta baja tahan karat hingga 72 jam.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved