Breaking News:

Waspadai Cuaca Ekstrim di Bali Beberapa Hari Kedepan Akibat Fenomena La Nina dan MJO

Kondisi cuaca wilayah Bali pada beberapa hari kedepan umumnya cerah berawan dan berpotensi hujan ringan-sedang

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Foto : Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah III Denpasar saat menunjukkan potensi cuaca-cuaca ekstrim beberapa hari kedepan. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Untuk kondisi cuaca wilayah Bali pada beberapa hari kedepan umumnya cerah berawan dan berpotensi hujan ringan-sedang secara tidak merata terutama di wilayah Bali Timur, Tengah dan Barat.

"Curah hujan saat ini belum merata namun perlu di waspadai adanya fenomena La Nina dan juga kita ada dalam masa peralihan musim sehingga perlu diwaspadai cuaca-cuaca ekstrim yang terjadi kapan pun," imbuh Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah III Denpasar, Diana Hikmah, Selasa (20/10/2020) saat ditemui tribunbali.com.

Mengenai dampak fenomena La Nina sendiri untuk di Bali, Diana mengatakan, secara umum dapat meningkatkan curah hujan bulanan ataupun hariannya.

Dan juga untuk beberapa hari kedepannya ini ditambah dengan kondisi Madden Julian Oscillation (MJO) yang aktif di wilayah Indonesia sehingga ada peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan untuk wilayah Indonesia.

Baca juga: Dapat Hibah Pariwisata Rp. 948 Miliar Lebih, Pemkab Badung Tegaskan Hal Ini

Baca juga: Senator AA Gde Agung Sebut Urban Farming Saat Ini Bisa Jadi Solusi Alternatif Masyarakat

Baca juga: KPU Pinjam GOR Debes Tabanan Untuk Simpan Logistik Pilkada Tabanan 2020

"Masih perlu kita waspadai kondisi cuaca-cuaca ekstrim yang sekiranya terjadi beberapa hari kedepan karena masih ada fenomena La Nina dan kita berada dalam masa peralihan musim kemarau ke musim hujan. Ditambah lagi aktifnya fenomena MJO jadi dapat meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Bali," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, BMKG sebelumnya telah merilis informasi yang menyatakan bahwa saat ini tengah terjadi fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderate).

Pemantauan BMKG terhadap indikator laut dan atmosfer menunjukkan suhu permukaan laut mendingin -0.5C hingga -1.5C selama 7 dasarian terakhir (70 hari), diikuti oleh dominasi aliran zonal angin timuran yang merepresentasikan penguatan angin pasat.

Bagi Indonesia, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah.

Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia tidak seragam, baik secara spasial maupun temporal, bergantung pada musim/bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved