Breaking News:

Disdukcapil Denpasar Gelar Jemput Bola Pelangi hingga Desember 2020, Sediakan 4.550 Blangko e-KTP

Disdukcapil Kota Denpasar menggencarkan Program Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi (Pelangi).

Disdukcapil Kota Denpasar
Foto Pelaksanaan Jemput Bola Pelangi di Denpasar 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Untuk mempercepat pemenuhan administrasi kependudukan di Kota Denpasar, Disdukcapil Kota Denpasar menggencarkan Program Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi (Pelangi).

Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan bergiliran di setiap desa/kelurahan hingga awal bulan Desember.

Kadisdukcapil Kota Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrata, Minggu (1/11/2020) mengatakan, sekalipun di tengah pandemi Covid-19, Disdukcapil Kota Denpasar terus mendorong terpenuhinya administrasi kependudukan masyarakat, khususnya e-KTP.

Apalagi e-KTP merupakan administrasi paling mendasar yang wajib dimiliki warga negara.

Baca juga: Kronologi & Fakta Penumpang KMP Nusa Jaya Nekad Loncat ke Laut, Ini Ungkap Sopir yang Beri Tumpangan

Baca juga: Ramalan Zodiak Cinta Besok 2 November 2020, Leo Akan Mendapat Kabar Baik, Bagaimana Zodiakmu?

Baca juga: Laka Lantas Terjadi di Denpasar, Seorang Pemuda Mengalami Luka Lecet Pada Wajah

“Program Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi (Pelangi) ini terus digencarkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, hal ini mengingat masih ada masyarakat yang belum memiliki e-KTP dan khususnya masyarakat yang usia 17 tahun yang baru akan memiliki e-KTP,” kata Juli.

Ia menambahkan, upaya memaksimalkan kelengkapan administrasi kependudukan ini juga mengingat adanya perhelatan Pilkada Serentak yang mewajibkan pemilih untuk mengantongi e-KTP.

“Sesuai hasil koordinasi dengan KPU bahwa pemilih wajib memiliki e-KTP, karena jika tidak memiliki e-KTP maka yang bersangkutan tidak dapat menggunakan hak pilih, jadi kami mengajak masyarakat yang belum melaksanakan perekaman untuk pro aktif hal ini juga didukung dengan melaksanakan program Jemput Bola di desa/kelurahan,” ajaknya.

Juli mengatakan bahwa saat ini program Jemput Bola Pelangi secara rutin dilaksanakan di seluruh desa/kelurahan hingga 8 Desember mendatang dengan menyediakan 4.550 blangko e-KTP.

Selain itu, perekaman juga dapat dilaksanakan secara mandiri pada hari kerja di beberapa titik.

Titik tersebut meliputi Graha Sewaka Dharma, Lumintang dan Kantor Kecamatan masing-masing.  

“Kami mengajak masyarakat bagi yang belum melengkapi administrasi kependudukan, utamanya e-KTP yang merupakan syarat dasar untuk segala jenis administrasi agar melaksanakan perekaman, tidak hanya untuk kepentingan dalam menggunakan hak pilih, melainkan kepentingan lain yang berkaitan dengan administrasi,” harapnya.

“Dan bagi masyarakat yang e-KTP baru hanya membawa Kartu Keluarga, Jika e-KTP hilang dapat membawa surat keterangan kehilangan, dan bagi yang rusak dapat menampilkan fisik e-KTP yang rusak,” katanya. (*).

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved