Libur Cuti Bersama, Hunian Kamar di Kawasan The Nusa Dua Meningkat

Pandemi Covid-19 membuat industri pariwisata harus melakukan adaptasi dan inovasi agar bisnis tetap berjalan.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana salah satu hotel di kawasan The Nusa Dua yakni Inaya Putri Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, BADUNG – Pandemi Covid-19 membuat industri pariwisata harus melakukan adaptasi dan inovasi agar bisnis tetap berjalan.

Salah satu inovasi yang harus dilakukan adalah penerapan protokol kesehatan dengan ketat dalam pengelolaan destinasi wisata yang dikelola.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sebagai BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB tak pelak juga melakukan adaptasi dengan menerapkan protokol kesehatan di destinasi wisata yang dikelolanya khususnya di The Nusa Dua.

Baca juga: PLN Perpanjang Subsidi, Ini Cara Dapatkan Token Listrik Gratis November via www.pln.co.id & WhatsApp

Baca juga: Dirumorkan Kembali ke Barcelona, Pep Guardiola Malah Ngaku Ingin Lebih Lama Lagi di Man City

Baca juga: Angkat-Geser Pelinggih Ciptakan Lapangan Kerja Bagi Pegangguran

Kualitas standar pelaksanaan protokol kesehatan yang diterapkan di The Nusa Dua telah lulus uji verifikasi dan tersertifikasi dengan diperolehnya Sertifikat Sertifikasi Tatanan Kehidupan Era Baru untuk Kawasan Nusa Dua dari Pemprov Bali.

Pelaksanaan protokol kesehatan yang ditetapkan di dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 di The Nusa Dua telah sesuai dengan Panduan Pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf).

Selain itu, ITDC sebagai pengelola kawasan juga mendorong agar tenant bisa menerapkan protokol kesehatan dan lolos sertifikasi Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru.

Baca juga: TC Lanjutan Timnas U-19 Indonesia Akan Hadirkan Sejumlah Pemain Baru

Baca juga: Selain Minta Maaf, 9 Langkah yang Harus Diambil Saat Melukai Hati Seseorang

Baca juga: 75 Tahun Hari Listrik Nasional, PLN Pastikan Listrik Siap Menjadi Penggerak Roda Ekonomi Bangsa

Hingga saat ini, 13 hotel dengan dengan total kamar tersedia mencapai 4.262 kamar, Museum Pasifika dan beberapa tenant di Bali Collection telah beroperasi dan semuanya telah memperoleh Sertifikat Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Bidang Pariwisata yang dikeluarkan oleh Pemprov Bali sebagai syarat pengoperasian usaha dan destinasi wisata di era Tatanan Kehidupan Era Baru.

“Sesuai arahan dari Kementerian BUMN, pengoperasian The Nusa Dua dengan didukung penerapan protokol kesehatan yang ketat merupakan sebuah keharusan. Karena bagi kami, faktor kesehatan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis di tengah kondisi saat ini," ujar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, Minggu (01/11/2020) kepada tribunbali.com.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan di The Nusa Dua juga menjadi daya tarik sekaligus mampu meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk kembali berkunjung.

'Hal ini terlihat dari adanya perkembangan positif tingkat hunian kamar di The Nusa Dua," tambahnya.

Hingga akhir Oktober 2020, tercatat tingkat hunian kamar rata-rata di The Nusa Dua mencapai 8,71 persen.

Meningkat dibanding tingkat hunian kamar di bulan September yang hanya sebesar 4,63 persen.

Tingkat hunian kamar bulan Oktober ini juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dibanding tingkat hunian kamar pada awal masa pandemi yang pernah menyentuh angka di bawah 2 persen.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved