Bandara Ngurah Rai Bali Siap Buka Penerbangan Internasional, Tinggal Tunggu Keputusan Jokowi

Sebenarnya informasi itu tidak benar. Memang rencana untuk membuka penerbangan internasional dari dan ke Bali untuk wisman sudah ada.

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Kambali
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Dua petugas Avsec berjaga di pintu masuk terminal keberangkatan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Senin (9/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun-bali.com, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Beredar informasi penerbangan dari dan ke Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali akan dibuka kembali per 1 Desember 2020 mendatang.

Dalam informasi itu pun disebutkan bahwa pada Sabtu (7/11/2020) dilakukan simulasi mulai dari kedatangan penumpang.

Juga pemeriksaan SWAB di arrival, berapa lama proses scanning sampai ke tempat penjemputan penumpang.

Baca juga: Apa Kabar Pembangunan Bandara Bali Utara? Masih Terkendala Lokasi, Berikut Perkembangannya

Informasi tersebut dinyatakan tidak benar oleh Angkasa Pura I (Persero) selaku Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Sebenarnya informasi itu tidak benar. Memang rencana untuk membuka penerbangan internasional dari dan ke Bali untuk wisman sudah ada. Tapi untuk tanggal pastinya itu masih menunggu keputusan dari presiden (Jokowi Widodo) dan menteri-menteri terkait lainnya," kata Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, saat ditemui Tribun-bali.com, Senin (9/11/2020).

Ia menyampaikan pihaknya yakni dari Angkasa Pura I (Persero) untuk kembali membuka penerbangan Internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali siap.

"Kami dari pengelola Bandara dan stakeholder Bandara dari sisi fasilitas semuanya siap, flow penumpang juga sudah disiapkan," kata dia.

"Jika penerbangan internasional dari dan menuju Bali dibuka kembali untuk wisman kami sudah menyiapkan semuanya," tegas Taufan.

Baca juga: Realisasi Rencana Pembangunan Bandara di Buleleng, Sepakati Skema Pembagian Lahan 70:30

Penerapan protokol kesehatan

Taufan menambahkan protokol kesehatan Covid-19 ketat tentu akan diterapkan saat kedatangan maupun keberangkatan penumpang internasional dibuka.

Di antaranya dengan program 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) yang digalakkan oleh Pemerintah.

Untuk penyediaan layanan tes PCR di dalam area kedatangan ataupun keberangkatan terminal internasional bukan dari pihaknya tetapi dilakukan oleh KKP Kelas I Denpasar selaku leading sector di kesehatan.

"Kalau Tes PCR informasi yang kami dapatkan itu akan dilakukan oleh KKP Kelas I Denpasar kerjasama dengan Indo Farma. Tapi mungkin tidak berada di dalam terminal tapi di luar area terminal. Rencananya ada dua titik, dan kemungkinan yang satu titik itu mobile," jelasnya.

Baca juga: Periode Bulan Oktober 2020, Pergerakan Penumpang di Bandara Ngurah Rai Tumbuh 30 Persen

Baca juga: Antisipasi Penularan Covid-19, Tim Terpadu Bandara Ngurah Rai Laksanakan Ops Yustisi

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved