Breaking News:

Menantu Luhut, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Jabat Pangdam IX/Udayana

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengisi jabatan Pangdam IX/Udayana menggantikan posisi

Istimewa
Foto Mayjen TNI Maruli Simanjuntak 

TRIBUN-BALI.COM - SELAIN pergantian posisi puncak di jajaran Polda Bali, saat ini juga dilakukan pergantian posisi pucuk pimpinan tertinggi Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden RI (Danpaspampres) Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana yang baru.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak ditunjuk langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengisi jabatan Pangdam IX/Udayana menggantikan posisi Mayjen TNI Kurnia Dewantara yang menjadi Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun.

Sementara itu, posisi Danpaspampres akan diisi oleh Brigadir Jenderal TNI Agus Subianto yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Korem 061/Suryakencana Bogor Kodam III/Siliwangi.

Baca juga: Sertijab Kakumdam IX/Udayana Dipimpin Langsung Oleh Pangdam IX/Udayana, Ini Pejabat Barunya

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 yang ditetapkan pada Rabu 18 November 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Perwira Tinggi di lingkungan TNI.

Dalam SK Panglima TNI tersebut terdapat 129 Perwira Tinggi dan Perwira Menengah TNI yang dimutasi.

Salah satunya, Danpaspampres yang akan mengisi jabatan sebagai Pangdam IX/Udayana.

Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 27 Februari 1970, itu diketahui adalah menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia tahun 1992 yang memang lahir dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Jenderal TNI Bintang Dua itu sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro (2018), Wakil Komandan Paspampres (2017), Komandan Resor Militer 074/Warastratama Surakarta (2016), hingga Komandan Grup A Paspampres (2014-2016). (*)

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved