Breaking News:

Perancang Busana Asal Paris, Christian Dior Diwajibkan Pakai Kain Endek Para Perajin di Bali

Perancang busana asal Kota Paris, Perancis, Christian Dior akan menjadikan kain endek Bali sebagai bagian dari koleksi musim semi dan musim panas pada

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Dokumentasi Pemprov Bali
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Putri Suastini Koster menerima Tim Ad Hoc Kerjasama Christian Dior Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI di rumah jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Rabu (14/10/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Perancang busana asal Kota Paris, Perancis, Christian Dior akan menjadikan kain endek Bali sebagai bagian dari koleksi musim semi dan musim panas pada 2021 mendatang.

Keberadaan endek Bali yang diminati perancang busana internasional mendapat sambutan positif dari Pemerintah Indonesia dan saat ini sudah memasuki tahap uji sampel dari pihak Christian Dior.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali, I Wayan Jarta mengungkapkan, pihaknya bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali akan secara serius dan ketat mengawal setiap proses dari kerja sama tersebut.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Kejar Torehan Pele, Kurang 17 Gol Lagi Untuk Jadi Manusia Tertajam Ketiga di Bumi

Baca juga: 4 Zodiak Paling Berantakan dalam Segala Hal, Membersihkan Kamar Hal Terakhir di Pikiran Sagitarius

Baca juga: Hujan Lebat, Rumah Hanyut & Tiga Orang Terseret Aliran Sungai Pelus Banyumas, Begini Kondisinya

Sesuai dengan arahan Gubernur Bali, Wayan Koster, ditekankan agar kain endek tersebut harus dipastikan diproduksi oleh para perajin di Bali.

"Jadi yang memproduksi harus perajin Bali, dan bertempat di Bali pula," ujar Jarta di sela-sela rapat interen antara Vendor Kain Endek dan Atase Perdagangan Prancis melalui zoom meeting dari Denpasar, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: Manchester United Vs PSG, Penyelesaian Martial Buruk dan MU Kalah, Tunda Lolos ke 16 Liga Champions

Baca juga: Cerita Maradona Soal Dua Jam Tangannya dan Alasan Mengharukan di Baliknya

Baca juga: Kabar Duka, Dokter Sardjono Meninggal Karena Covid-19, Selang Beberapa Jam Istrinya Menyusul Tiada

Sehubungan dengan itu, Disperindag Bali akan mengawal setiap proses dan tahapannya sehingga benar-benar bisa dipastikan tidak akan terjadi kecurangan dalam kerja sama tersebut.

"Dengan kata lain lebih dapat memastikan bahwa endek Bali memang berasal dari Bali dan diproduksi oleh para perajin Bali," tegas mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali itu.

Baca juga: Hari Terakhir Promo Gantung Alfamart Kamis 3 Desember 2020, Diskon Beras Deterjen hingga Susu

Baca juga: Kasus Ular Masuk Rumah Warga di Karangasem Meningkat

Baca juga: Khabib Nurmagomedov Bisa Kembali ke UFC, Namun Butuh Restu Ibunya

Menurutnya, saat ini pihak Christian Dior sudah membangun komunikasi dengan pihak vendor yang dipilih oleh Pemprov Bali.

Beberapa sampel kain endek yang sudah dikirim ke Perancis akan diuji terlebih dahulu oleh Christian Dior.

Setelah ada persetujuan sampel oleh Christian Dior, selanjutnya akan melangkah kepada tahap pre-order. Menurut informasi awal jumlah kain yang diinginkan oleh Dior sebanyak 1.000 meter. Namun, jumlah kain tersebut nantinya akan menyesuiakan dari kebutuhan dari Christian Dior. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved