Breaking News:

Penanganan Covid

Jelang Tahun Baru, Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1611/Badung Patroli di Kawasan Badung dan Denpasar

Jelang Tahun Baru, Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1611/Badung Patroli di Kawasan Badung dan Denpasar, Gerai Ponsel Pun Tak Luput Jadi Sasaran

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dok. Kodim Badung
Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1611/Badung saat Patroli di seputaran Badung dan Denpasar, pada Selasa (29/12/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARSatgas Enforce Kerumunan Kodim 1611/Badung melaksanakan patroli di Kawasan Canggu, Badung, Bali, serta sejumlah sudut Kota Denpasar, kegiatan ini rutin dilaksanakan menjelang malam pergantian tahun, pada Kamis (31/12/2020) malam.

Seperti pada sasaran yang dituju Satgas Enforce Kerumunan dalam kegiatan patroli sidak pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang digelar pada Selasa (29/12/2020) sore, meliputi seputaran Pantai Perancak Desa Tibu Beneng Canggu, Kafe La Vela, Pantai Perancak, Warung Bali Life Perancak, Restaurant Trattoria Cucina Italia Canggu, Restaurant Suksema Sushi Bar Canggu, sepanjang Pantai Kuta dan tempat keramaian lainnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan apel patroli Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1611/Badung dengan instansi terkait tersebut dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama pelaksanaan patroli Satgas Enforce Kerumunan, selain pada sore hari yang dimulai pada pukul 16.00 Wita dan tahap ke dua dilaksanakan pada pukul 21.00 Wita.

Yang mana malam harinya, sasaran yang dituju Satgas Enforce Kerumunan dalam kegiatan patroli sidak pendisiplinan prokes Covid-19 dalam 3 tim dengan sasaran wilayah Badung dan Kota Denpasar.

Baca juga: Imigrasi Bali Dukung Satgas Enforce Kodam IX/Udayana Menekan Penyebaran Covid-19

Baca juga: Satgas Enforce Kodim Bangli Sosialisasi Prokes di Pasar Lumbuan Susut

Baca juga: Satgas Enforce Kodim Bangli Ajak Wisatawan Patuhi Protokol Kesehatan

Diantaranya Deus Cafe Canggu, Penny Lane Canggu, Two Moods Canggu, Baricca pizza Canggu, La Favela Seminyak, Sepanjang Jalan Teuku Umar dengan sasaran Celluler World dan tempat keramaian lainnya, Jalan Teuku Umar Barat dengan sasaran Warung Mertua, Warung Kopi Saring M Abu Thalib, Karaoke Keluarga Berry.

Serta tempat keramaian lainnya, sepanjang Jalan Mahendradata, Jalan Cargo, Jalan Gatsu Timur dengan sasaran Karaoke Keluarga Happy Papy dan tempat keramaian lainnya yang ada di wilayah Kota Denpasar.

Pasiospdim 1611/Badung, Mayor Arm Angga Baru Furqanna, S.E., Msi. menjelaskan, kegiatan ini adalah dalam rangka penerapan Pergub No. 46 Tahun 2020 tentang Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus 19 dalam tatanan Kehidupan Era Baru.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka penerapan Pergub No. 46 Tahun 2020 dan mencegah adanya klaster baru Covid-19 setelah moment liburan Natal dan pergantian Tahun Baru 2021,” terang Pasiops melalui keterangan tertulis kepada Tribun Bali, Kamis (31/12/2020) atas seijin Dandim 1611/Badung Kolonel Inf I Made Alit Yudana.

Baca juga: Bentuk Satgas Enforce, Dandim 1611/Badung Intruksikan Pendisiplinan Prokes Saat Nataru

Baca juga: Cegah Klaster Nataru, Satgas Enforce Kerumunan di Bali Gencarkan Pendisiplinan di Tempat Wisata

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Saat Ini Naik 2 Kali Lipat Dibanding Awal November 2020, Ini Kata Ketua Satgas

Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1611/Badung saat Patroli di seputaran Badung dan Denpasar, pada Selasa (29/12/2020).
Satgas Enforce Kerumunan Kodim 1611/Badung saat Patroli di seputaran Badung dan Denpasar, pada Selasa (29/12/2020). (Dok. Kodim Badung)

Setibanya di lokasi sasaran yang dituju, Satgas Enforce Kerumunan langsung melaksanakan sidak memberikan imbauan dan sosialisasi sesuai dengan peraturan pemerintah tentang Pergub No. 46 Tahun 2020 kepada masyarakat pengunjung tempat wisata, restauran, cafe, rumah makan dan tempat keramaian lainnya yang ada di wilayah Badung dan Kota Denpasar untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Satgas Enforce Kerumunan juga mengajak masyarakat untuk senantiasa mentaati ketentuan Prokes Covid-19 diantaranya wajib menggunakan masker dengan baik dan benar, tetap jaga jarak (sosial distancing) ditempat keramaian, membiasakan diri sesering mungkin mencuci tangan pada air mengalir dengan menggunakan sabun, dan selalu membawa handsanitaiser serta menerapkan pola hidup sehat untuk menaikan imun guna mencegah sera memutus penyebaran Covid-19.

"Kegiatan patroli hari ini dibagi menjadi 2 tim, diharapkan kepada tim yang sudah terbagi apabila sudah tiba di sasaran agar menyebar sehingga tepat sasaran. Operasi kali ini yang disasar adalah kerumunan masyarakat dan pengunjung yang melanggar Prokes Covid-19, untuk mencegah timbulnya klaster baru di masa liburan Natal dan pergantian Tahun Baru,” ucap dia

"Mari kita laksanakan tugas ini dengan semangat dan maksimal untuk mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19, ingat selalu faktor keamanan di lapangan. Untuk teknis di lapangan nanti agar diatur mekanisme pelaksanaaan pendisiplinanya, kita laksanakan pendisiplinan prokes dengan humanis, dalam sidak nanti tidak ada perbedan antara pengunjung lokal dan pengunjung asing,” pesan Pasiopdim Badung. (*).

Catatan Redaksi: Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Bali mengajak seluruh Tribunners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved