Breaking News:

Penanganan Covid

Sambut Vaksin Covid-19, Gianyar Siapkan 17 Tempat Penyimpanan

Pemkab Gianyar mendapatkan jatah vaksin Covid-19 sebanyak 3.210 buah, namun vaksin tersebut belum didistribusikan ke Gianyar.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Petugas melakukan bongkar muat vaksin Covid-19 Sinovac saat tiba di gudang penyimpanan vaksin (cold room) milik Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (5/1/2021) dini hari - Sambut Vaksin Covid-19, Gianyar Siapkan 17 Tempat Penyimpanan 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Pemkab Gianyar mendapatkan jatah vaksin Covid-19 sebanyak 3.210 buah.

Namun hingga berita ini ditulis, Selasa (5/1/2021) pukul 11.47 Wita, vaksin tersebut belum didistribusikan ke Gianyar, Bali.

Namun demikian, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Gianyar telah menyiapkan 17 tempat penyimpanan vaksin. 

Kepala Bidang Penindakan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2) Dinas Kesehatan Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa mengatakan, Dinkes Gianyar telah menyiapkan 17 tempat penyimpanan vaksin sebelum didistribusikan ke pihak yang akan divaksinasi dalam tahap pertama.

Kata dia, dari total tempat tersebut, terdiri dari 13 Puskesmas, 3 Rumah Sakit, serta 1 di Kantor Dinas Kesehatan. 

Baca juga: Meski Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Bali, BPOM Sebut Vaksinasi Masih Tunggu Izin Penggunaan

Baca juga: Jelang Distribusi Vaksin Covid-19, Diskes Klungkung Siapkan Intalasi Farmasi dan Puskesmas

Baca juga: 31.000 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Bali, Gubernur Koster Ucapkan Terimakasih ke Pemerintah Pusat

"Itu tempat penyimpanannya sudah kita persiapkan, untuk kedatangan vaksinnya kita masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali," ujarnya.

Adapun Puskesmas yang nantinya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan vaksin ini di antaranya 2 Puskesmas di Kecamatan Sukawati, 2 Puskesmas di Kecamatan Blahbatuh, 2 Puskesmas di Kecamatan Tampaksiring, 2 Puskesmas di Kecamatan Ubud, 2 Puskesmas di Kecamatan Tegallalang, serta 1 Puskesmas di Kecamatan Payangan. 

Sementara, kata dia, rumah sakit yang akan digunakan untuk tempat penyimpanan vaksin Covid-19 ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar, Rumah Sakit Payangan, serta satu rumah sakit swasta yakni Rumah Sakit Ganesha. 

Plt Kepala Dinkes Gianyar,  Ida Komang Upeksa mengatakan, dalam tahap awal ini, Gianyar mendapatkan jatah vaksin sebanyak 3.210 buah.

Dalam penyaluran tahap pertama ini, sasarannya adalah para tenaga kesehatan (nakes). 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved