Penanganan Covid

Terbanyak di Bali, Denpasar Dijatah 9 Ribu Dosis Vaksin Covid-19, Dilakukan di 11 Puskesmas & 2 RS

Kota Denpasar mendapat jatah terbanyak yaitu sebanyak 9 ribu dosis vaksin Covid-19. Ada 11 Puskesmas dan dua RS yang menjadi faskes tempat vaksinasi.

Penulis: Putu Supartika | Editor: Widyartha Suryawan
TRIBUN BALI/RIZAL FANANY
Petugas melakukan bongkar muat vaksin Covid-19 Sinovac saat tiba di gudang penyimpanan vaksin (cold room) milik Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (5/1/2021) dini hari. Sebanyak 31.000 dosis vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Bali yang selanjutnya akan didistribusikan ke kota dan kabupaten seluruh Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Vaksin Covid-19 sudah sampai di Bali, dimana jatah terbanyak diperoleh Kota Denpasar.

Diketahui Kota Denpasar mendapat sebanyak 9 ribu dosis vaksin Covid-19.

Semua vaksin ini nantinya akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, utamanya yang bersinggungan dengan penanganan Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat diwawancarai Selasa (5/1/2021) siang mengatakan, sebenarnya pihaknya mengusulkan sebanyak 14 ribu tenaga kesehatan untuk mendapat vaksinasi.

Akan tetapi, dari informasi yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Denpasar mendapat jatah sebanyak 9 ribu dosis.

“Sebenarnya kami di Denpasar mengusulkan sebanyak 14 ribu tenaga kesehatan untuk mendapat vaksin tahap awal. Karena kami dapat 9 ribu, maka akan dilakukan screening kembali siapa saja yang pantas mendapatkannya,” kata Dewa Rai.

Dewa Rai menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 13 hingga 14 Januari 2021.

Ada 11 Puskesmas dan dua rumah sakit yakni RSUP Sanglah dan RSUD Wangaya yang menjadi faskes tempat pelaksanaan vaksin ini.

“Dari 9 ribu ini akan dikhususkan untuk tenaga kesehatan yang menangani Covid-19, baik dokter, perawat, bidan, hingga tenaga lab, itu prioritas utama,” katanya.

Baca juga: 31.000 Vial Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Bali, Koster Siap Disuntikkan Vaksin bersama Nakes

Baca juga: Meski Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Bali, BPOM Sebut Vaksinasi Masih Tunggu Izin Penggunaan

Sementara untuk penyimpanan vaksin saat tiba di Denpasar yakni di gudang farmasi yang ada di Dinas Kesehatan Kota Denpasar.

Selain itu 11 Puskesmas dan 2 rumah sakit yang akan menjadi tempat pelaksanaan vaksin juga sudah memiliki tempat penyimpanan yang memenuhi standar WHO.

Sementara itu, untuk petugas vaksin atau vaksinator, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 32 orang petugas.

“Yang divaksin itu bukan hanya fasilitas kesehatan milik pemerintah, namun juga swasta. Karena di Denpasar banyak ada rumah sakit makanya dapat jatahnya lebih banyak,” katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved