Breaking News:

Corona di Bali

Inovasi Sambiloto Berbentuk Sirup Ini Dapat Bantu Atasi Batuk dan Sesak Nafas Pasien Covid-19

"Dan sambiloto ini juga banyak digunakan untuk membantu mengatasi keluhan yang dirasakan pasien Covid-19. Contohnya batuk, sesak nafas dan lainnya. Ja

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Praktisi herbal taru pramana I Nyoman Sridana saat mencampurkan sirup sambiloto kedalam air putih hangat. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Tanaman sambiloto yang biasa tumbuh liar di sekitar kita, dan dijadikan sebagai obat herbal yang sangat terkenal akan rasa pahitnya tengah hangat diperbincangkan kembali beberapa hari terakhir.

Hal ini berawal dari pernyataan yang disampaikan oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof Mohammad Nasih bisa mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Kemudian beberapa waktu lalu media dari Thailand dan Malaysia memberitakan bahwa olahan daun sambiloto ini dapat mengobati gejala-gejala pasien positif Covid-19.

Menanggapi pernyataan Rektor Unair dan pemberitaan media di Thailand dan Malaysia itu, salah satu penekun Usada Herbal di Denpasar yakni Vision Bali Herbal melakukan inovasi dengan membuat sirup berbahan herbal daun sambiloto.

Inovasi yang dibuatnya itu pun mendapatkan respon positif dari masyarakat dan kini hangat diperbincangkan serta banyak yang mencari sirup sambiloto tersebut.

Baca juga: Luhut Binsar Wanti-wanti Perusahaan Farmasi Tidak Mainkan Harga Jual Obat Covid 19

Baca juga: KSAD Jenderal Andika Perkasa Nyatakan Tekadnya untuk Menyempurnakan Obat Covid-19

Baca juga: Obat Covid-19 Buatan Unair, TNI AD, BIN & Polri Hampir jadi Obat Pertama di Dunia, Ini Penjelasannya

"Dari hasil kajian itu khasiatnya meminum saripati daun sambiloto banyak manfaatnya. Dimana sambiloto itu memiliki kadar antioksidan sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh," ujar praktisi herbal taru pramana, I Nyoman Sridana, Sabtu 23 Januari 2021.

"Dan sambiloto ini juga banyak digunakan untuk membantu mengatasi keluhan yang dirasakan pasien Covid-19. Contohnya batuk, sesak nafas dan lainnya. Jadi intinya herbal untuk meningkatkan imunitas," sambungnya.

Menurut Nyoman Sridana, sekarang ini animo masyarakat pun untuk mencari obat herbal dari daun sambiloto banyak dan bisa dibilang meningkat daripada sebelum-sebelumnya.

Daun sambiloto yang dikenal sangat pahit rasanya, ia mencampur saripati sambiloto dengan beberapa bahan lain.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved