Breaking News:

Berita Bali

Fraksi PDIP DPRD Bali Sebut Pemakaian Kain Tenun Endek Adalah Upaya Keberpihakan pada Ekonomi Rakyat

Fraksi PDIP DPRD Bali memandang bahwa apa yang dilakukan oleh Gubernur Bali tersebut dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2021

Tribun Bali/Ragil Armando
Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali Dewa Made Mahadnyana didampingi beberapa anggota fraksi melakukan jumpa pers di Sekretariat DPD PDIP Bali, Senin 15 Februari 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Banyaknya respons dari netizen di media sosial (medsos) terkait imbauan Gubernur Bali Wayan Koster dalam penggunaan kain tenun Endek Tradisional langsung ditanggapi oleh Fraksi PDIP DPRD Bali.

Fraksi PDIP DPRD Bali memandang bahwa apa yang dilakukan oleh Gubernur Bali tersebut dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali, merupakan warisan budaya kreatif masyarakat Bali yang wajib dilestarikan dan dilindungi.

Apalagi, kain tenun Endek Bali telah masuk sebagai kekayaan intelektual komunal ekspresi budaya tradisional dengan Nomor Inventarisasi EBT.12.2020.000085 oleh Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Penegasan tersebut disampaikan oleh Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali Dewa Made Mahadnyana didampingi beberapa anggota fraksi di Sekretariat DPD PDIP Bali, Senin 15 Februari 2021.

Baca juga: Perancang Busana Asal Paris, Christian Dior Diwajibkan Pakai Kain Endek Para Perajin di Bali

Menurut dia, pihaknya akan mendukung penuh apa yang menjadi kebijakan Gubernur Wayan Koster.

Bahkan, pihaknya sangat mengapresiasi.

Pasalnya sangat berpihak pada pengrajin kain tenun lokal di Bali.

Secara tak langsung, Gubernur Koster melindungi dan memfasilitasi para pengrajin lokal.

"Himbauan pak Gubernur Bali ini sesungguhnya baru mulai berlaku 23 Februari, tetapi tanggapan para netizen di Medsos bermacam-macam," kata Dewa Jack sapaan akrabnya.

Politikus asal Buleleng ini juga menyatakan bahwa pihaknya ingin mengimplementasikan kebijakan tersebut dalam HUT PDIP yang ke-48. Yakni dengan melombakan desain endek seluruh Bali.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved