Breaking News:

Berita Denpasar

Pastor Paroki Katedral Denpasar: Ikuti Misa Rabu Abu Online, Ini Panduan Pertobatan Penerimaan Abu

Pastor Paroki Gereja Katedral Denpasar Romo Herman Yoseph Babey menjelaskan, pada masa pandemi Covid-19 tak mengurangi makna penerimaan abu saat

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Romo Herman Yoseph Babey saat memperagakan penerimaan abu dalam Misa Rabu Abu, di Gereja Katedral Denpasar, Bali. (Gambar diambil sebelum Misa Rabu Abu 17 Februari 2021) 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pastor Paroki Gereja Katedral Denpasar Romo Herman Yoseph Babey menjelaskan, pada masa pandemi Covid-19 tak mengurangi makna penerimaan abu saat mengikuti Misa Rabu Abu secara online.

Hal ini disampaikan dalam Surat Edaran panduan perayaan Rabu Abu bagi umat yang mengikuti misa melalui live streaming kepada seluruh umat Paroki Roh Kudus Katedral Denpasar.

Romo Babey menjelaskan petunjuk khusus saat upacara penerimaan abu dan memaknai penerimaan abu meskipun diikuti oleh umat secara online/live streaming.

Umat yang mengikuti Misa Rabu Abu secara online tidak diperkenankan untuk menyiapkan abu sendiri, lalu melakukan pemberkatan abu secara online maupun menaburkan abu pada dahinya sendiri.

Baca juga: Pernah Kabur Saat Ditahan, Juandri Dihukum Lebih Tinggi oleh Hakim PN Denpasar

"Sebagai pengganti, ketika dilaksanakan penerimaan abu, umat dapat berdoa dapam hari sebagai ungkapan tobat, seperti saat umat berdoa komuni batin/kerinduan," kata Romo Babey kepada Tribun Bali.

Romo Babey juga menjelaskan bahwa penerimaan abu merupakan simbolisasi dan sarana bagi umat yang menandai masa pertobatan.

"Marilah kita membangun sikap tobat yang penuh dalam hati kita. Selamat menjalankan masa Retret Agung kita dalam pantang, puasa, amal dan tobat hati kita," ajaknya.

Sementara itu secara umum, panduan mengikuti Misa Rabu Abu secara online umat mempersiapkan perangkat berupa handphone atau laptop serta akses internet yang mendukung.

Selain itu, juga persiapkan salib, lilin dan buku nyanyian dan mengikuti jalannya misa sebagaimana jalannya misa secara online di laman youtube Katedral Denpasar atau klik link http://youtube.com/katedraldenpasar .

Halaman
123
Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved