Breaking News:

Berita Klungkung

WAWANCARA KHUSUS: Cara Pemkab Klungkung Atasi Masalah Sampah Secara Terintegrasi Lewat TOSS

Pemkab Klungkung dalam beberapa tahun terakhir tengah fokus dalam penuntasan permasalahan sampah di wilayahnya.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Direktur Tribun Bali, Fauzan Marasabessy dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat melihat pengolahan sampah di TOSS Centre, Desa Kusamba, Klungkung, Rabu (17/2/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung dalam beberapa tahun terakhir tengah fokus dalam penuntasan permasalahan sampah di wilayahnya.

Berbagai inovasi dicoba, agar sampah dapat dikelola dengan baik secara konsisten dan berkesinambungan.

 Tribun Bali pun bekesempatan  bertemu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) Centre di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Rabu 17 Februari 2021, untuk mengetahui lebih dekat, bagaimana upaya Pemkab Klungkung dalam menuntaskan masalah sampah.

Berikut beberapa kutipan wawancara antara Direktur Tribun Bali, Fauzan Marasabessy dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Baca juga: Mulai Besok Seluruh Sampah Perkotaan di Klungkung Harus Masuk TOSS Karangdadi 

1. Saat ini Pemkab Klungkung ramai diberitakan memiliki inovasi TOSS untuk menangani masalah sampah. Apa sih itu TOSS?

TOSS merupakan kepanjangan dari Tempat Olah Sampah Setempat, yang merupakan inovasi kami untuk berupaya menuntaskan masalah sampah di Klungkung.

Sejak awal saya menjabat sebagai Bupati Klungkung, permasalahan sampah memang menjadi polemik di Klungkung. Bagaimana TPA Sente menggunung oleh sampah, dan terus keluar asap. Ini menjadi PR saya, untuk berupaya menuntaskan masalah sampah di Klungkung.

Sampai akhirnya pada tahun 2016, saya mendapatkan jalan bertemu dengan beberapa pihak. Hingga akhirnya ada inovasi TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) ini, yang sampai saat ini kami konsep secara terintegrasi.

Inovasi ini juga sempat masuk Top 40 Inovasi di tingkat Nasional, sehingga kami mendapatkan dana DED yang juga kami kembangkan untuk membangun TOSS Centre di Desa Kusamba ini.

2. Bagaimana program TOSS ini diterapkan, sehingga bisa menjadi salah satu solusi permasalahan sampah di Klungkung?

Halaman
1234
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved