Breaking News:

Berita Bali

OJK Regional 8 Bali Nusra Bersama FKLJK Bali Gelar Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen

Acara yang digelar selama dua hari tersebut  dilaksanakan  di Ruang Uluwatu Kantor OJK Bali, Jalan WR Supratman No.1 Denpasar, Bali. 

istimewa
Pada Jumat, 19 Februari 2021, Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Giri Tribroto turut berpartisipasi dalam acara Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Terhitung sejak Jumat 19 Februari 2021 hingga Sabtu 20 Februari 2021, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara bersama Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan (FKLJK) Provinsi Bali mengadakan acara Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen.

Acara yang digelar selama dua hari tersebut  dilaksanakan  di Ruang Uluwatu Kantor OJK Bali, Jalan WR Supratman No.1 Denpasar, Bali. 

 Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Giri Tribroto mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan sosial bagian dari program budaya kerja OJK Bali. 

Menurutnya, acara tersebut pun membatasi jumlah peserta serta dalam pelaksanaannya  tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan juga mencuci tangan. 

"Donor darah umum diikuti oleh 60 orang dari OJK Bali, BPD Bali, BRI Kanwil Denpasar, dan Bank Jabar Banten Cabang Bali, serta 9 orang untuk donor plasma konvalesen yang berasal dari penyintas Covid-19 di OJK Bali, BRI dan BPD. Khusus untuk donor plasma convalesen, di hari pertama dilaksanakan screening terhadap calon pendonor untuk kemudian diambil darahnya pada hari kedua bagi yang telah lolos screening," kata Giri Tribroto. 

Baca juga: Donor Darah Konvalesen di OJK Bali

Baca juga: Dorong Ikut Donor Plasma Konvalesen, Dandim Klungkung Minta Babinsa Monitoring Penyitas Covid-19

Baca juga: Dukung Upaya Percepatan Penanggulangan Covid-19, Universitas Udayana Gelar Donor Plasma Konvalesen

Berdasarkan keterangan dari PMI, syarat pendonor plasma konvalesen adalah diutamakan laki-laki dan bagi wanita belum pernah hamil dan juga belum memiliki anak. 

Donor ini juga dikhususkan bagi penyintas Covid-19 dengan menunjukkan test swab PCR negatif, bebas gejala Covid-19 selama 14 hari setelah dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri serta bersedia melakukan donor pengambilan plasma konvalesen.

"Dengan diadakannya donor darah ini, diharapkan dapat membantu PMI Bali dalam persediaan darah serta menyediakan plasma konvalesen untuk terapi kepada penderita Covid-19 untuk meredakan gejala yang dialami," ucap Giri Tribroto. 

Acara yang digelar selama dua hari tersebut  pun mendapatkan apresiasi dari pihak PMI Bali. 

Dan bagi masyarakat yang berminat mendonorkan plasma konvalesen, dapat mendaftarkan diri melalui website plasmakonvalesen.covid19.go.id atau melalui aplikasi Ayo Donor PMI, dan dapat menghubungi call center PMI 117 Ext 5. (*) 

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved