Breaking News:

Corona di Bali

Kemenhub Akan Gunakan Tes GeNose pada Transportasi Udara, Kapan Diterapkan di Bandara Ngurah Rai?

Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan penerapan alat pendeteksi Covid-19 karya anak bangsa “GeNose” pada transportasi laut dan udara. 

ugm.ac.id
Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menciptakan inovasi sebuah alat pendeteksi pasien positif Covid-19 melalui hembusan napas bernama GeNose. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan penerapan alat pendeteksi Covid-19 karya anak bangsa “GeNose” pada transportasi laut dan udara. 

Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan, penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat pendeteksi (screening) Covid-19 yang lebih terjangkau, sehingga dapat mengurangi potensi penularan saat menggunakan transportasi umum.

Di sektor udara akan mulai diterapkan pada 1 April 2021 mendatang karena ada beberapa hal yang harus dibahas lebih lanjut secara teknis operasionalnya.

Baca juga: Pemprov Bali Dukung Pemkab Badung Gunakan Genose sebagai Alat Deteksi Covid-19

Baca juga: Harapkan Pariwisata Segera Kembali Pulih, Dewan Badung Usulkan Penggunaan GeNose di Kawasan Wisata

Baca juga: Satgas Tegaskan GeNose Tak Bisa Gantikan PCR untuk Diagnosis Covid-19

Angkasa Pura I (Persero) menyambut baik rencana Pemerintah untuk menggunakan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di Bandara pada 1 April 2021 mendatang.

"Pada dasarnya PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menyambut baik dan mendukung rencana Pemerintah terkait penggunaan alat tes Covid-19 GeNose C-19 di Bandara," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, saat dihubungi tribunbali.com, Kamis 25 Februari 2021.

Baca juga: Rapid Test Covid-19 dengan Biaya Murah, Gunakan Alat GeNose Cuma Rp 15.000-25.000 per Orang

Baca juga: Biaya Tes Covid GeNose Hanya Rp 25 Ribu, Sudah Dapat Izin Edar dari Kemenkes

Ia menambahkan saat ini, PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Pusat sedang melakukan persiapan - persiapan yang dibutuhkan untuk dilaksanakan uji coba GeNose C-19 pada 1 April 2021.

"Tahap awal, uji coba GeNose akan dilaksanakan di Kantor Cabang Bandara YIA. Secara berkelanjutan, akan dilaksanakan di bandara - bandara Angkasa Pura I yang lainnya termasuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali," imbuh Taufan.

Layanan GeNose C-19 di bandara Angkasa Pura I (Persero) dikhususkan bagi masyarakat yang sudah memiliki tiket penerbangan. 

Untuk harga layanan GeNose C-19 di bandara Angkasa Pura I (Persero) akan diinformasikan kemudian menjelang penerapan GeNose C-19 di Bandara pada 1 April 2021 mendatang.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved