Breaking News:

Ngopi Santai

Nyepi 2021, Internet, dan Pentingnya “Puasa” Medsos

Hidup nyata adalah hidup offline, bukan online. Seberapa banyak like di dunia maya tak ada artinya bila kita mendapat banyak dislike di dunia nyata.

Editor: Sunarko
Tribun Bali/Ida Ayu Made Sadnyari
Ilustrasi gadget 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Untuk perayaan Nyepi 1943 Saka di Bali yang jatuh pada Minggu 14 Maret 2021, Pemprov Provinsi Bali memutuskan membolehkan menyalakan jaringan internet Wifi. Yang dimatikan hanyalah jaringan data seluler dan Internet Protokol Television (IPTV).

Tetap dihidupkannya jaringan internet Wifi selama hari raya Nyepi 2021 disebabkan oleh situasi pandemi Covid-19,  dimana informasi tentang warga masyarakat Bali terkait Covid-19 harus tetap terpantau.

Namun, Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan bahwa walaupun Wifi tetap bisa diakses, Pemprov Bali melarang adanya siaran maupun relay siaran apapun selama Catur Brata Penyepian masih berlangsung.

Nyepi sendiri akan dimulai Minggu 14 Maret 2021 pukul 06.00 Wita hingga Senin 15 Maret 2021 pukul 06.00 Wita.

Secara esensi, menjalankan Catur Brata Penyepian mengandung maksud untuk melatih pengendalian diri dengan berpantang terhadap empat hal, sehingga waktu selama Nyepi bisa lebih difokuskan untuk meningkatkan aktivitas rohani.

Dalam kaitan dengan internet, sudah jamak diketahui bahwa berasyik ria dengan dunia maya itu sudah menjadi “candu” baru bagi masyarakat modern.

Oleh karena itu, meskipun internet masih bisa diakses melalui Wifi selama Nyepi 2021, hendaknya hal itu tidak membuat masyarakat tergoda untuk bermain internet di luar dari tujuan tetap dihidupkannya jaringan Wifi selama Nyepi.

Ini agar perayaan Nyepi tidak lewat begitu saja, menjadi kurang bermakna.

                                                            ***

Godaan dunia maya memang demikian menggiurkan di era kejayaan teknologi digital dewasa ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved