Breaking News:

Berita Denpasar

UPDATE Suara Ledakan di Ruko The Bali House Denpasar Berasal Bahan Kimia, Kerugian Ditaksir Rp4 M

Suara ledakan yang terdengar saat terjadinya kebakaran di Ruko The Bali House, Jalan Mahendradatta Denpasar disebabkan oleh sambaran api ke cairan

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Regu Damkar berupaya memadamkan api kebakaran Ruko The Bali House di Jalan Mahendradatta, Denpasar, Bali, Minggu 21 Maret 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Suara ledakan yang terdengar saat terjadinya kebakaran di Ruko The Bali House, Jalan Mahendradatta Denpasar disebabkan oleh sambaran api ke cairan bahan kimia.

Sementara itu besarnya kobaran api juga disebabkan oleh banyaknya kardus-kardus yang berada di dalam gudang tempat penyimpanan.

Regu Damkar BPBD dari semua Pos di Denpasar mengarah ke lokasi dibantu 1 unit dari Damkar Badung untuk mengatasi kebakaran.

Berkat kesigapan petugas Damkar, api yang sudah membumbung besar itu tidak sampai merembet ke bangunan lain di sebelahnya meskipun saling berhimpitan antara bangunan saru dengan bangunan lainnya.

Baca juga: UPDATE: Kebakaran Ruko The Bali House di Jalan Mahendradatta Denpasar, Sepasang Suami Istri Terluka

Baca juga: BREAKING NEWS: Kebakaran Toko di Jalan Mahendradatta Denpasar, Api Besar Membumbung dari Bagian Atap

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, Gung Aji Sujendra mengatakan pihaknya mengatur strategi sistem Kalajengking untuk upaya pemadaman kali ini. 

Saat kepulan asap mulai muncul, ruko dalam kondisi sudah tertutup dan terkunci. Petugas Damkar harus menjebol pintu menggunakan linggis. 

"Kondisi toko sudah tutup jam operasionalnya. Kami gunakan strategi kalajengking, petugas dikerahkan dari segala arah. Dari bawah, samping atas dan dari arah rumah warga. Dengan begitu kobaran api tidak merembet ke bagian bangunan lainnya," ujar Sujendra saat dijumpai Tribun Bali di lokasi kebakaran.

"Ada 4 wadah berisi cairan bahan kimia yang menimbulkan suara ledakan tadi, dan banyak kardus-kardus di gudang yang menyebabkan api cepat membesar serta bahan-bahan lain yang mudah terbakar," jabarnya. 

Regu Damkar membutuhkan waktu hingga 2 jam untuk memadamkan api dan melakukan pendinginan agar memastikan tidak ada lagi sumber api yang muncul.

Sujendra menerangkan penyebab kebakaran diperkirakan diakibatkan hubungan pendek arus listrik.

Halaman
123
Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved