Sponsored Content

Duta Besar Kanada Sambangi Nusa Penida Klungkung, Bantu Pengembangan UMKM dengan Pelatihan Produk

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay menyambangi Nusa Penida, Senin 29 Maret 2021.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka MIta Suputra
Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay bersama Bupati Klungkung saat memanen singkong di Nusa Penida, Senin (29/3/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay menyambangi Nusa Penida, Senin 29 Maret 2021.

Kunjungan tersebut terkait dengan program kerjasama antara Pemerintah Kanada dan Indonesia, dalam pengembangan UMKM di  Nusa Penida.

Kunjungan Dubes Kanada, didampingi Kepala divisi Kerjasama Pembangunan Kedutaan Canada, Sherry Hornung, disambut langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ketua Penggerak PKK Klungkung, Ayu Suwirta. Serta beberapa Kepala OPD terkait.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjelaskan, Pemerintah Kanada dalam beberapa waktu terakhir membantu UMKM di Nusa Penida untuk pelatihan produk turunan komoditi khas Nusa Penida seperti rumput laut, Mangga Nusa Penida, kelapa dan singkong.

Baca juga: Bupati Suwirta Harapkan Pemerintah Kanada Bisa Bantu Ekspor Rumput Laut Nusa Penida Klungkung

"Berkat status KPPN yang telah kami perjuangan di pusat, akhirnya bantuan dan kerjasama dengan pemerintah Kanada pun diperoleh dan sukses menyelenggarakan pelatihan pembuatan produk turunan di Kecamatan Nusa Penida.

Pariwisata berkembang namun sektor lain juga harus ikut berkembang. Karena jika pariwisata lesu, maka sektor lain masih tetap ada," ujar Bupati Suwirta.

Kunjungan diawali dengan meninjau kebun singkong milik warga di wilayah Banjar Sental.

Di tempat ini Duta Besar Cameron Mackay diajak untuk mencoba memanen singkong dan mencicipi produk olahan singkong seperti tape dan keripik karya ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani di desa setempat.

Di tempat itu pula Dipamerkan pula sejumlah produk olahan turunan dari mangga, kelapa dan lain lain.

Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi budidaya rumput laut di Banjar Nyuh Desa Ped.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di hadapan Dubes Kanada Cameron MacKay mengatakan, pandemi Covid-19 membuat masyarakat yang dahulunya bergerak di bidang pariwisata, kembali menekuni rumput laut.

Komoditi ini sebenarnya sangat menjanjikan untuk ekspor.

Namun selama ini jalur ekspor rumput laut Nusa Penida cukup panjang, dan harganya belum begitu menguntungkan bagi petani rumput laut lokal.

" Saya minta bantuan Dubes Kanada untuk membantu eksport komoditi rumput laut ke Kanada. 

Baca juga: Tidak Punya Garasi, Satu-Satunya Armada Damkar di Nusa Penida Klungkung Mulai Keropos dan Karatan

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved