Breaking News:

Berita Klungkung

Bupati Suwirta Harapkan Pemerintah Kanada Bisa Bantu Ekspor Rumput Laut Nusa Penida Klungkung

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay menyambangi Nusa Penida, Klungkung, Bali, Senin 29 Maret 2021.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Para petani rumput laut di Desa Ped, Nusa Penida, Senin 29 Maret 2021 - Bupati Suwirta Harapkan Pemerintah Kanada Bisa Bantu Ekspor Rumput Laut Nusa Penida Klungkung 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay menyambangi Nusa Penida, Klungkung, Bali, Senin 29 Maret 2021.

Kunjungan tersebut terkait dengan program kerjasama antara Pemerintah Kanada dan Indonesia, dalam pengembangan UMKM di Nusa Penida.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pun sempat memohon bantuan ke Dubes Kanada, untuk membantu ekspor komoditi rumput laut di Nusa Penida.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dihadapan Dubes Kanada Cameron MacKay mengatakan, pandemi Covid-19 membuat masyarakat yang dahulunya bergerak di bidang pariwisata, kembali menekuni rumput laut.

Baca juga: Tidak Punya Garasi, Satu-Satunya Armada Damkar di Nusa Penida Klungkung Mulai Keropos dan Karatan

Baca juga: Tabrakan Saat Melaut, Sebuah Perahu Terbalik di Perairan Buyuk Nusa Penida Bali

Baca juga: Anak Putus Sekolah di Klungkung Mencapai 206 Orang, Tertinggi di Nusa Penida

Komoditi ini sebenarnya sangat menjanjikan untuk ekspor.

Namun selama ini jalur ekspor rumput laut Nusa Penida cukup panjang, dan harganya belum begitu menguntungkan bagi petani rumput laut lokal.

"Saya minta bantuan Dubes Kanada untuk membantu ekspor komoditi rumput laut ke Kanada. Bagaimana nanti jalur ekspor juga agar sebisa mungkin dipangkas, agar harga rumput laut di juga menguntungkan para petani" harap Suwirta.

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay juga sempat melihat langsung aktivitas pertanian rumput laut di Desa Ped, Nusa Penida.

"Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita semua harus membangun ekonomi yang beragam dan tangguh. Cara yang paling baik adalah bekerjasama dengan berkelanjutan," ungkap Cameron MacKay.

Tidak Punya Garasi, Satu-Satunya Armada Damkar di Nusa Penida Klungkung Mulai Keropos dan Karatan

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved