Breaking News:

Berita Karangasem

Pengusaha Protes Rute Tanah Ampo Karangasem Menuju Gili Mas NTB 'Matikan' Jalur Padang Bai - Lembar

Pengusaha  Ferry rute Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku dirugikan setelah dibukanya

Tribun Bali/Saiful Rohim
ilustrasi - Keadaan Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali Selasa (27/10/2020) pagi. Pengusaha Protes Rute Tanah Ampo Karangasem Menuju Gili Mas NTB Matikan Jalur Padang Bai - Lembar 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Pengusaha  Ferry rute Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku dirugikan setelah dibukanya rute Pelabuhan Tanah Ampo, Kecamatan Manggis menuju Pelabuhan Gili Mas, NTB sejak Bulan Februari 2021 lalu.

Ketua DPC Gabungan Pengusaha Angkutan  Sungai, Danau & Penyeberangan (Gapasdap) di Pelabuhan Padang Bai, Anang Heru Prayogi, mengaku, keberatan dengan dibukanya rute Tanah Ampo - Gili Mas.

Rute ini disebut akan mematikan rute penyeberangan Pelabuhan Padang Bai menuju ke Lembar.

"Dibukanya rute dari Tanah Ampo ke Gili Mas akan mematikan lintasan penyeberangan Padang Bai - Lembar.

Baca juga: Hari Raya Nyepi, Penyebrangan Kapal Terakhir dari Padang Bai Pukul 03.00 Wita

Karena secara kepentingan, rute layar dan kepengusahaan, kedua rute tak lagi berhimpitan namun juga bertindihan," kata Anang Heru, Selasa 30 Maret 2021 pagi.

Ditambahkan, dibukanya rute Tanah Ampo ke Gili Mas mengakibatkan load factor di Padang Bai ke Lembar dibawah 50 persen, akibat dari demand dan supply tak seimbang yang mempengaruhi kondisi bisinis yang tidak kondusif dan memicu persaingan yang tidak sehat untuk perusahaan.

"Pendapatan operasional kami sangat minim, dan sangat terbatasnya anggaran kami untuk membayar gajinya karyawan dan ABK.

Makanya kita (pengusaha ferry) meminta agar rute dari Tanah Ampo menuju Gili Mas ditutup karena tidak dibutuhkan. Pengoperasian seperti dipaksakan,"imbuhnya.

Secara keberadaan dan kepentingan, kata Anang Heru, penyeberangan Tanah Ampo - Gili Mas ralatif tidak dibutuhkan.

Mengingat sudah ada lintasan Pelabuhan Padang Bai- Lembar. Ditambah spesifikasi teknis serta fasilitas Dermaga Tanah Ampo tidak untuk  angkutan penyeberangan.

Halaman
123
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved