Breaking News:

Terusan Suez

Inilah Beda Terusan Suez dan Terusan Panama

Dari kanal-kanal pelayaran di dunia tersebut, Terusan Suez dan Panama adalah yang paling terkenal.

Editor: DionDBPutra
wikimedia.org
Terusan Suez yang menghubungkan Eropa dan Asia. 

TRIBUN-BALI.COM - Banyak terusan atau kanal di dunia ini. Namun, yang paling terkenal adalah Terusan Panama di Panama dan Terusan Suez di Mesir.

Posisi dan peran kedua terusan tersebut paling vital dalam perdagangan dunia yaitu ekspor dan impor. Perusahaan pemilik kapal harus membayar biaya transit kalau melewati kedua terusan itu.

Bagi dunia pelayaran sebuah terusan sangat bermanfaat. Terusan berfungsi sebagai jalur transportasi yang bisa menghemat waktu tempuh dan irit pengeluaran bahan bakar.

Baca juga: Update Terusan Suez: Butuh Waktu Tiga Hari untuk Mengurai Antrean 425 Kapal

Baca juga: Kekuatan Alam Berperan Mengapungkan Kembali Kapal Ever Given di Terusan Suez

Selain Terusan Suez dan Terusan Panama sebagai kanal paling sibuk, ada terusan lain di dunia yaitu Terusan Kiel (Jerman), Terusan Volga (Rusia), Terusan Baltik (Rusia), Terusan Houston (AS), dan Terusan Welland di Kanada.

Dari kanal-kanal pelayaran di dunia tersebut, Terusan Suez dan Panama adalah yang paling terkenal.

Dua terusan tersebut memiliki perbedaan yang membuatnya berbeda dalam hal tarif, di mana kapal yang melewati Terusan Panama dikenakan biaya lebih mahal dibandingkan kapal yang melintasi Terusan Suez.

Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan kapal tunda menarik kapal kontainer MV Ever Given berbendera Panama setelah sepenuhnya terlepas dari tepi Suez. Kapal itu diapungkan kembali dan Terusan Suez sudah dibuka untuk pelayaran global.
Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan kapal tunda menarik kapal kontainer MV Ever Given berbendera Panama setelah sepenuhnya terlepas dari tepi Suez. Kapal itu diapungkan kembali dan Terusan Suez sudah dibuka untuk pelayaran global. (OTORITAS TERUSAN SUEZ/AFP)

Dikutip dari Frighwaves, Senin 5 April 2021, berikut ini perbedaan Terusan Suez dengan Terusan Panama

1. Cara kerja

Terusan Suez sangat mengandalkan tinggi pasang surut permukaan laut, baik di sisi Pelabuhan Said di Laut Merah maupun Pelabuhan Alexandria di sisi Laut Mediterania.

Selama pasang air cukup untuk mengangkat kapal-kapal besar yang melintas, tak masalah berapa pun jumlah kapal yang melintas di kanal.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved