Breaking News:

Terusan Suez

Update Terusan Suez: Butuh Waktu Tiga Hari untuk Mengurai Antrean 425 Kapal

Namun demikian, dibutuhkan waktu tiga hari untuk mengurai sepenuhnya antrean 425 kapal di Mediterania dan Laut Merah.

Editor: DionDBPutra
OTORITAS TERUSAN SUEZ/AFP
Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan kapal tunda menarik kapal kontainer MV Ever Given berbendera Panama setelah sepenuhnya terlepas dari tepi Suez. Kapal itu diapungkan kembali dan Terusan Suez sudah dibuka untuk pelayaran global. 

TRIBUN-BALI.COM, SUEZ- Krisis Terusan Suez sudah berakhir Senin malam 29 Maret 2021.

Namun demikian, dibutuhkan waktu tiga hari untuk mengurai sepenuhnya antrean 425 kapal di Mediterania dan Laut Merah.

Sementara Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi janjikan investasi baru untuk menghindari kejadian serupa yang melanda kapal Ever Given.

Janji presiden itu disampaikan sehari setelah kapal kontainer raksasa MV Ever Given mengapung kembali, Selasa 30/ Maret 2021.

Baca juga: Kekuatan Alam Berperan Mengapungkan Kembali Kapal Ever Given di Terusan Suez

Baca juga: Krisis Suez Berakhir, Massa Bersorak Girang Saat Kapal Ever Given Mengapung Lagi

Kapal berbendera Panama Ever Given pada 23 Maret 2021 menabrak tepi timur jalur pelayaran sempit penghubung Laut Mediterania dan Laut Merah itu.

Kapal raksasa lalu terjepit secara diagonal sehingga menyumbat arus pelayaran di Terusan Suez selama seminggu.

"Kami akan menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk kanal untuk menghindari insiden serupa,” kata Sisi selama kunjungan ke Ismailia, rumah bagi Otoritas Terusan Suez atau SCA.

Dia tidak merinci peralatan apa yang akan dibeli. Tetapi dalam komentar terpisah kepada awak media, Kepala SCA Osama Rabie menyebut perlunya tambahan kapal keruk dan kapal tunda baru.

Otoritas Mesir mengklaim pembebasan kapal raksasa itu menjadi pembuktian atas kemampuan teknik dan penyelamatan negara itu.

Pemandangan dari jendela pesawat komersial 27 Maret 2021 menunjukkan ratusan kapal yang antre di Laut Merah. Kapal-kapal itu belum bisa melewati Terusan Suez yang macet setelahb kapal kontainer MV Ever Given kandas 23 Maret 2021.
Pemandangan dari jendela pesawat komersial 27 Maret 2021 menunjukkan ratusan kapal yang antre di Laut Merah. Kapal-kapal itu belum bisa melewati Terusan Suez yang macet setelahb kapal kontainer MV Ever Given kandas 23 Maret 2021. (Mahmoud KHALED/AFP)

Lalu lintas di kanal untuk sekitar 12 persen perdagangan dunia itu mulai bergerak lagi pada Senin malam 29 Maret 2021.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved