Breaking News:

Ibadah Haji

Arab Saudi Buka Izin Umrah Hanya Untuk Jamaah yang Sudah Divaksin

Meski sudah membuka kembali ibadah umrah, izin tersebut masih diberikan secara terbatas dan melalui prosedur perizinan yang ketat.

Editor: DionDBPutra
(KOMPAS.com/INGGRIED DWI WEDHASWARY)
Masjidil Haram, Mekkah. Izin umrah tahun ini diberikan hanya bagi warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang saat ini tinggal di Arab Saudi. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi kembali mengeluarkan izin umrah dan masuk ke Masjidil Haram selama bulan Ramadan.

Pembukaan izin umrah itu dilakukan mulai awal Ramadan 1442 H atau 13 April 2021.

Pemerintah Arab Saudi akan membuka izin umrah mulai awal Ramadan 1442 H,” kata Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali dalam keterangannya, Selasa 6 April 2021.

Meski sudah membuka kembali ibadah umrah, izin tersebut masih diberikan secara terbatas dan melalui prosedur perizinan yang ketat.

Baca juga: Biaya Ibadah Haji 2021 Diprediksi Naik Rp 9,1 Juta

Baca juga: Arab Saudi Belum Putuskan tentang Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun Ini

Izin umrah hanya diberikan kepada jemaah yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Izin juga diberikan hanya bagi warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang saat ini tinggal di Arab Saudi.

Menurut Endang, pendaftaran e-visa umrah bisa dilakukan melalui aplikasi Eatamarna dan Tawakalna. Aplikasi ini tetap terbuka dan dapat diakses oleh penyelenggara umrah untuk negara yang diizinkan jemaahnya masuk ke Arab Saudi.

"Untuk pembatasan usia jemaah umrah masih diberlakukan 18-60 tahun, kecuali bagi warga Saudi menjadi sebelum 70 tahun," tutur Endang.

Calon jemaah umrah yang akan mendaftar, lanjut Endang, diwajibkan sudah divaksin. Selama di Arab Saudi, mereka juga diharuskan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dalam pernyataannya menyebutkan bahwa bahwa ada tiga jenis orang yang dianggap sudah imun.

Mereka adalah yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19; mendapatkan sebuah dosis vaksin setidaknya 14 hari sebelum umrah; dan mereka yang telah sembuh dari Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved