Breaking News:

Dukung Penerapan KBLBB di Bali, PLN Cek Kesiapan Infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Komisaris PT PLN (Persero), Dudy Purwagandhi akan melakukan touring mengelilingi Pulau Bali dengan menggunakan mobil listrik. 

Istimewa
Guna melihat kesiapan PLN dalam mendukung program-program Pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Provinsi Bali dalam menjalankan penerapan penggunaan kendaraan listrik, Komisaris PT PLN (Persero) Dudy Purwagandhi melakukan touring mengelilingi Pulau Bali dengan menggunakan mobil listrik 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Guna melihat kesiapan PLN dalam mendukung program-program Pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Provinsi Bali dalam menjalankan penerapan penggunaan kendaraan listrik, Komisaris PT PLN (Persero), Dudy Purwagandhi akan melakukan touring mengelilingi Pulau Bali dengan menggunakan mobil listrik

Dudy Purwagandhi yang didampingi oleh General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana ketika berada di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum PT PLN (Persero) UP3 Bali Selatan, menyampaikan bahwa saat ini kondisi mobil dalam keadaan dayanya telah terisi penuh.

 Ia yakin nantinya hanya akan melakukan pengisian ulang sekali saja untuk kembali ke Denpasar, Bali.

Baca juga: Komisaris PLN Keliling Bali Tinjau Kesiapan Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

"Saya yakin bahwa dayanya cukup sehingga nanti dalam perjalanan jika dibutuhkan pengisian ulang listrik, rencananya akan dilakukan di Singaraja atau Gilimanuk," kata Dudy Purwagandhi. 

Menurutnya, PLN akan fokus pada penyiapan infrastruktur, baik yang bersifat umum maupun yang di rumah-rumah untuk antisipasi bertambahnya kendaraan listrik.

Sekaligus juga mendukung penggunaan energi bersih di Bali untuk kendaraan listrik sesuai dengan Peraturan Gubernur No 48 Tahun 2019. 

"Mobil listrik yang banyak dijual dan beredar saat ini adalah city car dan diharapkan pelanggan atau pengguna dapat melakukan pengisian ulan di rumah dengan home charging," jelasnya. 

Baca juga: PLN UID Bali Bersama RAPI Gelar Sinergi Kemitraan, Menghadirkan Sosialisasi Ketenagalistrikan

Dudy Purwagandhi juga menyebutkan bahwa PLN sangat terbuka untuk produsen siapa saja bisa memproduksi SPKLU.

Saat ini, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum  (SPKLU)  yang terpasang di PLN UP3 Bali Selatan memiliki kapasitas 25 kW hanya membutuhkan waktu setidaknya dua  jam untuk pengisian daya mobil listrik dari 0 – 100 persen penuh. 

"Komitmen dari PLN untuk Bali menambah 3 SPKLU lagi di Bali, yakni di Bali Timur, Bali Utara dan satu lagi di Bali Selatan sehingga total di Bali berjumlah 4 SPKLU."

"Dan untuk realisasinya akan segera di follow-up lebih jauh," ucap Dudy Purwagandhi dalam siaran persnya pada Minggu 11 April 2021. 

Baca juga: 4 Bantuan yang Masih Cair di April 2021, Subsidi Listrik, BLT UMKM, Kartu Prakerja, & BST Rp 300.000

Kegiatan touring sendiri mengelilingi pulau Bali yang dilaksanakan kali ini menempuh rute sejauh 377,9 KM. 

Touring tersebut mengambil start dari SPKLU PLN UP3 Bali Selatan menuju Pantai Amed, dilanjutkan ke arah Gilimanuk dan Kembali ke Denpasar melalui Jembrana dan Tabanan. (*) 

Berita lainnya di Kendaraan listrik

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved