Breaking News:

Sponsored Content

Wabup Ipat Buka Pelatihan Kerja di Jembrana untuk Tekan Pengangguran 

Sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan kemampuan kerja serta menekan angka pengangguran di kabupaten Jembrana, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah

Istimewa
Sambutan Wabup Patriana alias Ipat 

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - Sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan kemampuan kerja serta menekan angka pengangguran di kabupaten Jembrana, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna membuka Pendidikan dan Pelatihan Kerja Tahap I 2021 bagi para pencari kerja, Senin 12 April 2021 di Lantai II  Gedung Kesenian Bung Karno.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pembangunandan Kesejahteraan Rakyat I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, Kepala Dinas PMPTSPTK Jembrana I Komang Suparta serta seluruh peserta pelatihan kerja.

Dalam sambutannya, Wabup Ipat menyampaikan kegiatan pendidikan dan pelatihan kerja ini merupakan sebagai salah satu langkah dan komitmen pemerintah kabupaten Jembrana dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja sekaligus dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Jembrana.

Baca juga: Sertifikat SMP 4 Mendoyo Diserahkan, Bupati Jembrana Atensi Lahan Sensitif

Baca juga: Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Permintaan Daging Babi di Jembrana Bali Menurun

“Dengan dibukanya pelatihan kerja bagi para pencari kerja ini saya berharap para peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik guna meningkatkan kualitas tenaga kerja sehingga saat melamar kerja nanti sudah siap bekerja dengan skill yang telah diperoleh dalam pelatihan ini."

"Saya juga berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tetap berupaya meningkatkan kualitas layanan dan penyelenggaraan serta kuantitas kepesertaan yang berpartisipasi,”ujar Ipat.

Di samping itu, lanjut Wabup Ipat, dengan adanya pandemi covid-19 tingkat pengangguran di Kabupaten Jembrana mengalami peningkatan 4,73 persen sesuai data Sakernas BPS Jembrana tahun 2020.

Menurutnya, angka ini mengalami kenaikan yang signifikan lebih dari 300 persen dari periode sebelumnya, walau secara keseluruhan di propinsi Bali masih menduduki peringkat 4 sebagai kabupaten yang paling sedikit persentase penganggurannya.

Baca juga: Angin Puting Beliung Terjadi di Desa Warnasari Jembrana, 10 Rumah Rusak

“Dengan kondisi tersebut, kita harus terus berupaya menekan angka pengangguran, upaya – upaya untuk mengurangi angka pengangguran harus kita mantapkan sehingga tingkat pengangguran di kabupaten Jembrana secara bertahap dapat diminimalisir,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas PMPTSPTK Jembrana I Komang Suparta mengatakan Pendidikan dan Pelatihan Kerja Tahap I 2021 bagi para pencari kerja ini diikuti sebanyak 160 orang masyarakat Jembrana yang sudah termasuk usia kerja.

Sedangkan untuk jenis pelatihan kali ini mencakup 10 bidang pelatihan yang masing – masing bidang diisi oleh 16 orang.

“Pelatihan tersebut di antaranya, Pelatihan practical office, pelatihan asisten operator custom made wanita, pelatihan tata rias kecantikan, pelatihan processing hasil pertanian, pelatihan pemeliharaan AC, pelatihan pengelasan, pelatihan finishing teknik semprot, pelatihan teknisi sepeda motor, pelatihan spa therapy dan pelatihan pemasangan listrik bangunan,”kata Suparta.

Baca juga: Sepuluh Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Desa Warnasari Jembrana

Di sisi lain, I Made Maharta Wiradiana mengaku dengan adanya pelatihan kerja ini sangat bermanfaat bagi dirinya, terutama untuk mengasah ketrampilan pada bidang yang diikuti.

“Program pelatihan ini sangat bagus, berguna sekali untuk mengasah skill kita. Dengan bekal dari pelatihan ini kita jadi lebih siap terjun di dunia kerja karena sudah memiliki kemampuan dari pelatihan ini,” ujar salah satu peserta yang mengikuti pelatihan di bidang practical office tersebut. (adv)
 

Berita lainnya di Berita Jembrana

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved