Breaking News:

Ramadan 2021

Berikut Panduan dan Tata Cara Shalat Tarawih, Serta Bacaan Niat dan Doa Kamilin

Berikut Panduan dan Tata Cara Shalat Tarawih, Serta Bacaan Niat dan Doa Kamilin

Editor: Aloisius H Manggol
(Tribun Bali/Rizal Fanany)
Umat muslim melaksanakan sholat Tarawih pertama pada Bulan Ramadhan 1442 H di Masjid At-Taqwa Polda Bali, Denpasar, Selasa 12 April 2021. Pemerintah melalui kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memperbolehkan menggelar sholat Tarawih pada bulan Ramadan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

TRIBUN-BALI.COM - Berikut ini panduan tata cara Shalat Tarawih dan Witir disertai dengan doa sesudah Shalat Tarawih, lengkap dengan doa kamilin. 

Selain diwajibkan berpuasa di siang hari, umat Islam dianjurkan menjalankan Shalat Tarawih pada malam hari. 

Shalat Tarawih bisa dikerjakan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. 

Namun demikian, dianjurkan untuk melaksanakannya secara berjamaah. 

Baca juga: Sejarah Panjang Megahnya Masjid Emas Aceh, Impian Haji Harun Terwujud Setelah 20 Tahun

Dikutip dari panduan ibadah Ramadhan yang dikeluarkan Majelis Tarjid dan Tajdid Muhammadiyah, diperbolehkannya Shalat Tarawih sendiri berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang artinya sebagai berikut: 

Diriwayatkan dari Aisyah Ummul Mukminin ra, bahwasanya Rasullullah saw pada suatu malam salat di masjid. Lalu salatlah bersama salatnya (berjamaah) sejumlah orang. Kemudian orang satu kabilah (dalam jumlah besar) juga ikut salat sehingga jumlah jamaah semakin banyak. Pada malam ketiga atau keempat, para jamaah telah berkumpul, namun Rasullullah swa tidak keluar ke masjid menemui mereka.

Ketika pagi tiba beliau berkata: "Aku sungguh telah melihat apa yang kalian lakukan (salat tarawih berjamaah). Tidak ada yang menghalangiku untuk keluar menemui kalian, kecuali sesungguhnya aku takut, (kalian menganggap) salat itu diwajibkan atas kalian." Komentar Aisyiah: Hal itu terjadi di bulan Ramadan." (HR al-Bukhari dan Muslim). 

Berikut panduan dan tata cara shalat tarawih dan witir menurut buku panduan dari Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah: 

Baca juga: Masjid Raya Baiturrahmah Denpasar Gelar Shalat Tarawih Hari Pertama dengan Menerapkan Prokes

1. Apabila dikerjakan secara berjamaah maka harus diatur dengan baik dan teratur sehingga menimbulkan rasa khusyu dan tenang serta khidmat.

Shaf kali-laki dewasa di depan, anak-anak di belakang, kemudian wanita di shaft paling belakang.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved