Breaking News:

Berita Badung

Arsitektur Unik Masjid Agung Palapa di Badung Beri Keuntungan di Tengah Pandemi

Masjid Agung Palapa yang berada di kawasan Pecatu Graha di Jalan Pecatu Indah Resort ini mempunyai arsitektur yang cukup unik yaitu berbentuk seperti

Tribun Bali/Harun Ar Rasyid
Masjid Agung Palapa yang berada di kawasan Pecatu Graha di Jalan Pecatu Indah Resort, Badung, Bali mempunyai bentuk bangunan yang unik yakni semi wantilan. Arsitektur unik ini memberi keuntungan saat pandemi tengah berlangsung, Selasa 20 April 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Masjid Agung Palapa yang berada di kawasan Pecatu Graha di Jalan Pecatu Indah Resort ini mempunyai arsitektur yang cukup unik yaitu berbentuk seperti wantilan.

Selain itu masjid ini juga berada di satu kompleks dengan Gereja Katolik dan Gereja Protestan di masing-masing sisi Masjid.

Berada di satu lingkungan dengan Gereja Katolik dan Gereja Protestan, Oscar Dhiarta, Sekretaris Umum Masjid Agung Palapa mengaku bahwa koordinasi dengan masing-masing pengurus rumah ibadah berjalan lancar.

Baca juga: Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Jamaah Ibu-ibu Masjid Agung Palapa Badung Gelar Bazar

Baca juga: Pastikan Aman Dikonsumsi, BBPOM Denpasar Periksa Makanan Takjil di Dalung Badung Bali

"Alhamdulillah, koordinasi kita dengan mereka selama ini berjalan lancar, jika mereka ada kegiatan, Hari Raya Besar seperti Natal, Paskah dan sebagainya, mereka selalu meminta izin untuk memakai lahan (untuk parkir), begitupun sebaliknya, kalau kita sholat jumatan atau tarawih, kita selalu izin ke mereka" Ujar Sekretaris Umum Masjid Agung Palapa yang sudah menjabat selama hampir 10 tahun.

Selain itu, sebelum pandemi, Oscar Dhiarta juga menceritakan bahwa pengurus masjid beberapa kali bekerja sama untuk acara-acara seperti tujuh belasan dan acara donor darah.

Lebih lanjut, Ia juga menyampaikan bahwa keunikan masjid Agung Palapa adalah bentuknya yang menyerupai semi wantilan, dan kubahnya yang tidak menyerupai kubah-kubah masjid pada umumnya yang ada di Indonesia.

Ia juga menambahkan, bentuk masjid yang menyerupai wantilan memberikan keuntungan di tengah pandemi seperti ini.

Baca juga: Antisipasi Rabies,  Anjing Liar di Badung Bali Kini Mulai Divaksin

Baca juga: Vila Ombak Luxury Residence di Cemagi Badung Sempat Viral Karena Ada Bule yang Party di Masa Pandemi

"Bentuk ini ternyata bermanfaat di tengah pandemi, ketika ada verifikasi beberapa waktu lalu masjid kita ini termasuk dalam kategori aman, karena bangunan masjid yang tidak tertutup dan relatif terbuka" jelasnya.

Tahun ini, Masjid yang beralamat di Dreamland Bali, Jalan Pecatu Indah Resort, Pecatu Bali, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali ini diputuskan dibuka kembali untuk kegiatan Ramadan seperti dua tahun lalu.

"Tahun ini Alhamdulillah, panitia dan pengurus Masjid sepakat untuk mengadakan kegiatan (namun) tetap dengan protokol kesehatan yang dijalankan pemerintah" paparnya.

Ia menyampaikan bahwa untuk kegiatan tahun ini akan berjalan sama seperti dua tahun sebelumnya. 

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan seperti, Buka Puasa Bersama, Shalat Tarawih, Santunan anak yatim dan dhuafa, I'tikaf di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan menerima Zakat Fitrah. 

Panitia dan Pengurus Masjid juga berencana untuk melaksanakan Ibadah shalat Idul Fitri bersama di Masjid Agung Palapa.

"Rencananya juga kita akan melaksanakan Sholat Idul Fitri bersama" pungkasnya.

Akan tetapi, kegiatan di Masjid akan dikaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengurangi kapasitas masjid hingga 50 persen. (*)

Penulis: Harun Ar Rasyid
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved