Breaking News:

Berita Tabanan

Hasil Tes Konfirmasi BBPOM Denpasar, Pepes Ikan yang Dijual di Tabanan Negatif Mengandung Formalin

sesuai dengan hasil uji konfirmasi di laboratorium terkait pepes yang dicurigai mengandung formalin tersebut sudah keluar. Dan hasilnya dinyatakan

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Hasil Tes Konfirmasi BBPOM Denpasar, Pepes Ikan yang Dijual di Tabanan Negatif Mengandung Formalin 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Hasil tes konfirmasi terkait makanan yang dicurigai mengandung formalin di Tabanan sudah keluar, Rabu 21 April 2021.

Beruntung, hasilnya telah dinyatakan negatif formalin setelah menjalani tes di Laboratorium di Denpasar.

 Meskipun begitu, semua produsen makanan di Tabanan untuk tetap berhati-hati dan cermat sebelum mengolah makanan serta memastikan agar bebas dari bahan-bahan yang berbahaya untuk kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tabanan, Dewa Ayu Putu Sri Widyanti, sesuai dengan hasil uji konfirmasi di laboratorium terkait pepes ikan yang dicurigai mengandung formalin tersebut sudah keluar. Dan hasilnya dinyatakan negatif.

Baca juga: BBPOM Curigai Ada Pepes Ikan Mengandung Formalin Saat Uji Sampel pada Takjil yang Dijual di Tabanan

"Astungkara sudah keluar (hasilnya), dan hasilnya negatif. Artinya memenuhi syarat, aman untuk dikonsumsi," kata Sri Widyanti saat dikonfirmasi, Rabu 21 April 2021.

Dia melanjutkan, meskipun begitu pihaknya sudah menyampaikan kepada Kawil Tunggal Sari (tempat ambil sampel) untuk memberi arahan atau mengimbau semua produsen makanan untuk berhati-hati dan cermat sebelum mengolah makanan serta memastikan agar bebas dari bahan-bahan yang berbahaya untuk kesehatan.

"Kami juga mengimbau kepada para pedagang agar sebelum melakukan olahan, bahan baku harus dipastikan bersih dan aman dari zat berbahaya lebih dahulu.

Bahkan makanan bisa disterilkan terlebih dahulu sesuai dengan komoditasnya.

 Jika dalam bahan makanan mentah agar dibersihkan dengan air mengalir, kemudian bahan makanan yang memerlukan kebersihan tinggi harus dibersihkan dengan air hangat," imbaunya.

Sebelumnya, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Ketahanan Pangan Tabanan melakukan intensifikasi pengawasan makanan buka puasa atau takjil di kawasan Banjar Tunggal Sari, Desa Dauh Peken, Tabanan, Selasa 20 April 2021.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved