Breaking News:

Berita Bali

Hingga Pertengahan April 2021, Terdapat 34 UMKM Binaan BI Bali, Didominasi Pertanian dan Peternakan

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali mencatat bahwa hingga pertengahan April 2021 terdapat 34 UMKM Binaan BI Bali. 

Penulis: Karsiani Putri | Editor: Noviana Windri
Istimewa
Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang berlokasi di The Anvaya Beach Resort, Kuta, Badung ini nantinya akan digelar selama tiga hari, yakni pada tanggal 3 hingga 5 Maret 2021 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali mencatat bahwa hingga pertengahan April 2021 terdapat 34 UMKM Binaan BI Bali

Dari jumlah tersebut, setengahnya merupakan klaster pertanian, perkebunan dan peternakan, mengingat mandat utama Bank Indonesia adalah pengendalian inflasi. 

Hal ini disampaikan oleh Manajer Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, M Ilham Wiratama. 

Menurutnya, tidak ada target eksplisit pertambahan UMKM di setiap tahunnya, namun pihaknya terus mencari UMKM potensial yang sesuai dengan mandat Bank Indonesia

"Kami mengutamakan pembinaan UMKM sesuai dengan mandat Bank Indonesia, yakni pengendalian inflasi, mendorong ekspor, dan Local Economy Development. Selain itu, kami juga memperhatikan komitmen calon UMKM dalam melaksanakan program-program pengembangan," kata M Ilham Wiratama. 

PLN Gelar Kompetisi dan Inovasi Kelistrikan, Dorong Pengembangan UMKM dan Industri Agrikultur

Ini Upaya yang Dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Bali Guna Menggeliatkan UMKM Bali Go Digital

BLT UMKM Rp 1,2 Juta per Orang, Cara Mengajukan ke Dinas Koperasi, Cek Penerima di eform.bri.co.id

Adapun syarat yang harus dipenuhi  UMKM untuk dapat menjadi UMKM Binaan BI Bali, yakni  sektor atau produk sesuai mandat Bank Indonesia yang dimana berbentuk kelompok, bukan perorangan.

Kemudian UMKM juga harus memiliki komitmen untuk dibina dalam melaksanakan program pengembangan UMKM

Setelah berhasil terpilih sebagai UMKM Binaan Bank Indonesia, nantinya UMKM tersebut akan mendapatkan benefit. 

"Tentu saja akan diikutsertakan dalam program pengembangan UMKM Bank Indonesia seperti pengembangan kapabilitas, bantuan teknis, kurasi produk, pameran, fasilitasi ekspor dan pembiayaan dengan lembaga keuangan, fasilitasi pemasaran, dan lainnya. Namun, perlu ditekankan Bank Indonesia tidak memberikan bantuan dalam bentuk materi," ungkapnya pada Rabu 21 April 2021. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved