Breaking News:

Berita Denpasar

Cegah Klaster Kuningan, Tim Pemburu Pelanggar Prokes Polda Bali Sambangi Pura Jagatnatha Denpasar

Umat Hindu Bali melaksanakan persembahyangan Hari Raya Kuningan di Pura Jagatnatha Denpasar Sabtu 24 April 2021

(Tribun Bali/Rizal Fanany)
Ilustrasi sembahyang - Cegah Klaster Kuningan, Tim Pemburu Pelanggar Prokes Polda Bali Sambangi Pura Jagatnatha Denpasar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Umat Hindu Bali melaksanakan persembahyangan Hari Raya Kuningan di Pura Jagatnatha Denpasar, Bali, juga di Pura Sakenan, Desa Pekraman Serangan, dan di pura lainnya, Sabtu 24 April 2021.

Perayaan Hari Raya Kuningan menjadi perhatian Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Polda Bali untuk memantau dan mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi warga yang melaksanakan persembahyangan di Pura Jagatnatha.

Selain itu, para pedagang yang berjualan di sekitar areal pura tak luput dari sasaran Tim Pemburu Pelanggar Prokes.

"Petugas memberikan teguran, imbauan dan edukasi jika menemukan masyarakat yang salah dalam penggunaan masker," kata Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol Firman Nainggolan SH MH kepada Tribun Bali.

Baca juga: Hari Raya Kuningan, Tim Pemburu Pelanggar Prokes Polda Bali Pantau Pura Jagatnatha Denpasar

Baca juga: Siapkan Prokes hingga Areal Parkir, Pura Puseh dan Desa Batuan Bersiap Sambut Wisatawan

Baca juga: Tahun Kedua Pandemi, Begini Suasana Persembahyangan Hari Raya Kuningan di Pura Sakenan Denpasar Bali

Ia menjelaskan, hasil pemantauan petugas di areal Pura Jagatnatha, masih ditemukan warga yang memakai masker tidak sesuai posisinya, sehingga hanya diberi imbauan saja.

Di areal pura juga sudah tersedia sarana untuk mencuci tangan.

"Ini sangat bagus karena fasilitas sudah tersedia. Sekarang tergantung kesadaran masyarakat dalam menaati prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya selaku Karendalops Aman Nusa Agung II-2021.

Mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Maluku ini menyampaikan, upaya yang dilakukan Tim Pemburu Pelanggar Prokes Polda Bali kali ini adalah salah satu bagian dari upaya preventif dan preemtif Polri dalam menurunkan angka kasus Covid-19.

"Apabila ada informasi bahwa ada kerumunan warga yang berpotensi menjadi tempat penyebaran Covid-19, maka Polri akan selalu hadir untuk memastikan masyarakatnya patuh prokes. Jika ada yang membandel dan tidak mengikuti imbauan petugas, maka Tim Pemburu Pelanggar Prokes akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan," tuturnya.

Firman berharap, kepada masyarakat agar momentum hari raya Kuningan ini dijadikan introspeksi diri untuk saling menjaga kesehatan diri dan orang lain.

Halaman
12
Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved