Breaking News:

Berita Denpasar

Adakan Pengawasan Takjil di Pasar Dadakan Kampung Jawa Denpasar, BBPOM Nihil Temukan Bahan Berbahaya

Ketika ditemui, Kepala BBPOM Denpasar, Ni G.A.N Suarningsih mengatakan kegiatan pengawasan takjil kali BBPOM kali ini bersama dengan lintas sektor

Tribun Bali/Rizal Fanany
Petugas BBPOM Denpasar melakukan sidak pengawasan pangan dan mengambil sampling makanan di Pasar Ramadhan Kampung Jawa, Jalan Maruti, Denpasar, Rabu 28 April 2021. Sidak dilakukan untuk memastikan aneka makanan yang diperdagangkan aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan seperti boraks, formalin serta pewarna tekstil. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Setelah melakukan pengawasan takjil dibeberapa Kabupaten, kini BBPOM Denpasar adakan pengawasan takjil di Kota Denpasar tepatnya di Pasar Dadakan di Kampung Jawa, Wanasari, Denpasar pada, Rabu (28 April 2021).

Ketika ditemui, Kepala BBPOM Denpasar, Ni G.A.N Suarningsih mengatakan kegiatan pengawasan takjil kali BBPOM kali ini bersama dengan lintas sektor Pemerintah Kota Denpasar yakni Disperindag, Dinas Kesehatan serta Dinas Ketahanan Pangan Kota Denpasar.

"Jadi saat ini memasuki bulan suci Ramadan Umat Islam melaksanakan ibadah puasa dan kami pemerintah melakukan intensifikasi pengawasan pangan selama bulan Ramadan dan untuk Denpasar kami lakukan hari ini," katanya pada, Rabu (28 April 2021).

Melakukan pengawasan takjil di Pasar Dadakan, BBPOM Denpasar mengambil sampling sebanyak 20 sampel dari semua makanan yang dijual.

Baca juga: Satlantas Polresta Denpasar Beri Imbauan Tertib Berlalu Lintas Hingga Tidak Mudik ke Masyarakat

Keduapuluh sampel yang diambil tersebut dicurigai mengandung bahan berbahaya seperti formalin, boraks dan pewarna tekstil.

Dan setelah dilakukan uji tersebut, hasilnya tidak ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya.

"Hari ini kami lakukan sampling 20 sampel dengan uji formalin sebanyak 13 sampel ada produk ikan, tahu, dan bakso hasil ujinya adalah negatif.

Kemudian Rhodamin B ada lima sampel yakni gula yang sangat berwarna merah, bubur mutiara serta kue lapis dan hasil ujinya negatif.

Kemudian boraks yang biasanya digunakan pada krupuk agar renyah, disini menggunakan empat sampel krupuk. Hasilnya negatif tidak ditemukan krupuk mengandung boraks.

Halaman
12
Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved