Breaking News:

Ramadhan 1442 H

Selama Pandemi, Kegiatan Dakwah di Masjid Darussalam Denpasar Dikurangi, Ibadah Wajib dengan Prokes

kegiatan di Bulan suci Ramadhan seperti buka puasa bersama tetap dilakukan dengan mengurangi kapasitas masjid sesuai dengan protokol kesehatan

Penulis: Harun Ar Rasyid | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Harun Ar Rasyid
Masjid Darussalam di jalan Jl. Cokroaminoto Br. Batur No.269, Ubung, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sejak merebaknya pandemi di Indonesia termasuk di Bali, kegiatan dakwah yang dilakukan di Masjid Darussalam, Ubung, Denpasar dikurangi.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Pengurus Masjid Darussalam Bidang Dakwah.

Ditemui pada Senin 3 Mei 2021, Tumirah Adi Pribadi Jaya, pengurus masjid Darussalam pada bidang dakwah tersebut menyampaikan bahwa di tengah merebaknya pandemi covid-19 di Bali, pengurus masjid memutuskan untuk mengurangi kegiatan dakwah yang dilakukan di masjid.

Namun, kegiatan di Bulan suci Ramadhan seperti buka puasa bersama tetap dilakukan dengan mengurangi kapasitas masjid sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes).

Baca juga: Di Tengah Ramadan, Masjid Baitul Makmur Denpasar Adakan Donor Darah, Targetkan 80 Kantong

"Biasanya bisa sampai 1.000 orang, namun ya sekarang kurang lebih hanya 100 orang per hari, itu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan." ujar pengurus masjid bidang dakwah tersebut.

Masjid berlantai tiga yang beralamat di jalan Jl. Cokroaminoto Br. Batur No.269, Ubung, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali tersebut juga melaksanakan shalat tarawih setiap malam selama perayaan bulan suci Ramadhan yang sudah mencapai malam ke-21.

Selain itu, Masjid Darussalam juga mengadakan kegiatan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa pada tanggal 29 April 2021 lalu.

Acara santunan tersebut dilaksanakan di Masjid Darussalam sendiri.

Penerima manfaat santunan Masjid Darussalam tersebut sebanyak 150 orang yang berasal dari sekitar lingkungan Masjid Darussalam.

Menjelang berakhirnya Bulan Puasa, Masjid Darussalam juga membentuk Badan Amil Zakat.

"Setelah 20 hari Ramadhan, kita juga membentuk Badan Amil Zakat untuk penerimaan zakat fitrah, sehari sebelum hari Raya Zakat Fitrah sudah kita salurkan kepada masyarakat penerima zakat fitrah" jelas Tumirah Adi Jaya, yang ditemui di Masjid Darussalam.

Rencananya, Masjid Darussalam juga akan menggelar pelaksanaan sholat Idul Fitri mendatang.

Luas bangunan Masjid Darussalam sejumlah 2 Are. Termasuk halaman depan dan bangunan masjid yang berlantai tiga.

 Masjid yang beralamat di jalan Nasional Provinsi Bali serta lokasinya dekat dengan Terminal Ubung, membuat Masjid ini tidak jarang menjadi pilihan para musafir untuk melakukan ibadah shalat 5 waktu atau shalat Jumat.

Afriska Litanesia Putri (22) salah seorang Musafir yang ditemui di Masjid Darussalam mengatakan dirinya sedang berhenti untuk Ibadah sebelum melakukan perjalanan ke daerah asalnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved