Breaking News:

Lebaran 2021

Larangan Mudik Berakhir, Penumpang Bandara Ngurah Rai Meningkat Hingga Capai 14 Ribu Orang

Larangan mudik berakhir, pergerakan penumpang Bandara Ngurah Rai Bali langsung meningkat signifikan.

Larangan Mudik Berakhir, Penumpang Bandara Ngurah Rai Meningkat Hingga Capai 14 Ribu Orang
Tribun Bali
Suasana pemeriksaan e-HAC di terminal domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Selasa 18 Mei 2021. Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Hari pertama berakhirnya masa pembatasan transportasi orang pada masa peniadaan mudik Lebaran 1442H (18 Mei 2021), pergerakan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali langsung meningkat signifikan.

Dari pantauan tribun-bali.com baik di terminal keberangkatan maupun kedatangan domestik bandara tersibuk ketiga di Indonesia ini, penumpang tak henti-hentinya hilir mudik.

Jauh lebih ramai jika dibandingkan saat pembatasan transportasi orang pada masa peniadaan mudik Lebaran 1442H pada 6 - 17 Mei 2021.

"Di hari pertama setelah masa peniadaan mudik atau hari ini (Selasa 18 Mei 2021), prediksi jumlah penumpang kedatangan dan keberangkatan itu sebanyak 14.612 orang," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Selasa 18 Mei 2021.

Rinciannya, sebanyak 7.857 penumpang di kedatangan domestik, dan 6.755 penumpang keberangkatan.

Baca Juga: 134 Aparatur Sipil Negara yang Mudik Bakal Kena Sanksi 

Baca Juga: Tim Gabungan Pengetatan Arus Balik di Terminal Mengwi Amankan 5 Kendaraan Tak Miliki Izin Trayek 

Untuk jumlah penerbangan pesawat diprediksi hari ini mencapai 120 flight baik take-off maupun landing.

Jika dibandingkan dengan hari-hari saat masa pembatasan transportasi orang pada masa peniadaan mudik Lebaran 1442H, jumlah prediksi ini meningkat cukup signifikan.

"Kalau dibandingkan dengan masa larangan mudik untuk hariannya itu, prediksi hari ini naik mencapai 140 persen,” katanya.

“Hal ini mungkin karena persyaratan perjalanan tidak perlu menunjukkan surat dinas maupun surat tugas maupun surat keterangan yang masuk dalam penumpang pengecualian, tetapi pengetatan hanya pada dokumen kesehatan saja," sambung Taufan.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2021, 1900 Orang Masuk ke Bali Melalui Pelabuhan Gilimanuk Hingga Hari Ini 

Sehingga, lanjutnya, dalam masa pengetatan pasca mudik (18 - 24 Mei 2021) yang tidak perlu membawa surat perjalanan dinas atau surat tugas, maupun surat izin keluar masuk membuat Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) melakukan perjalanan mulai hari ini.

Sementara untuk trafik pergerakan penumpang domestik selama 12 hari terakhir (masa peniadaan mudik 6 - 17 Mei 2021) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tercatat hanya melayani sebanyak 12.896 penumpang dan 204 flight. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved