Breaking News:

Berita Klungkung

Petugas Damkar Klungkung Masih Kekurangan APD, Saat Ini Hanya Miliki 20 Set APD

Petugas pemadam kebakaran di Klungkung masih kekurangan APDyang terdiri dari pakaian khusus damkar, helm, slop tangan, hingga sepatu boot khusus damka

ist
Petugas damkar Klungkung saat berusaha memadamkan api di Bale Piasan di Pura Pasek Gelgel Songan, Dusun Besang Kawan, Klungkung terbakar, Rabu (19/5) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Petugas pemadam kebakaran di Klungkung masih kekurangan APD (alat pelindung diri) yang terdiri dari pakaian khusus damkar, helm, slop tangan, hingga sepatu boot khusus damkar.

Saat ini Damkar Klungkung hanya memiliki 20 stel APD, itupun kondisinya banyak yang sudah usang.

Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Klungkung, I Putu Suarta mengungkapkan, jumlah personel damkar di  Klungkung sebanyak 56 orang.

Setiap harinya mereka dibagi dalam dua regu, untuk bersiaga melakukan penanganan kebakaran di Klungkung dan sekitarnya selama 24 jam.

Satu regu diisisi oleh 15 orang petugas damkar.

" Jadi setiap hari ada 30 petugas damkar yang bersiaga, tapi pakaian (APD) hanya ada 20 set, itupun beberapa kondisinya sudah usang. Jadi jumlah pakaian (APD) damkar saat ini belum ideal," jelas Suarta, Kamis 20 Mei 2021.

Warga Kelimpungan Akibat Air PDAM Mati, Rela Antre Ambil Air Bersih di Mobil Tangki Damkar Klungkung

Kobaran Api Setinggi Pohon Kelapa, Damkar Klungkung Berjibaku Padamkan Kebakaran Rimbunan Bambu

Akibat kekurangan APD itu, tidak jarang petugas damkar di Klungkung harus menggenakan APD damkar yang masih basah karena baru dicuci.

Belum lagi jika bertugas memadamkan kebakaran besar pada gedung,  petugas memerlukan pakaian anti api yang saat ini hanya ada 2 set di damkar Klungkung.

" Pernah beberapa kali kejadian, selesai bertugas anggota kami langsung cuci dan jemur pakaian. Lalu ada kejadian kebakaran lagi, mau tidak mau harus pakai pakaian basah itu," ungkap Suarta.

Terakhir pihak Damkar Klungkung melakukan pengadaan APD  pada tahun 2019 lalu, sebanyak 8 set.

Itupun dua set diperuntukan untuk petugas damkar di Nusa Penida.

" Kami berharap kedepan bisa melakukan pengadaan beberapa pakaian damkar lagi, agar jumlahnya ideal. Mengingat keamanan petugas damkar saat bertugas, juga sangat tergantung dengan pakaian (APD) tersebut," harap Suarta.

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved