Breaking News:

Berita Bangli

Sewa Tak Diperpanjang, Aset Pabrik Kopi Mengani Bakal Dikelola Perusda Bangli

Aset pabrik yang berlokasi di Desa Mengani, Kintamani itu rencananya dikelola Perusahaan Daerah Bhukti Mukti Bhakti (Perusda BMB) Bangli

Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Direktur Perusda BMB Alit Purtra (kiri) bersama Wakil Ketua DPRD Bangli, I Komang Carles (dua dari kanan) saat mengunjungi Pabrik Kopi Mengani awal tahun 2020 lalu. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Sempat mandek beroperasi selama beberapa tahun, Pemerintah Kabupaten Bangli akan kembali menghidupkan Pabrik Kopi Mengani.

Aset pabrik yang berlokasi di Desa Mengani, Kintamani itu rencananya dikelola Perusahaan Daerah Bhukti Mukti Bhakti (Perusda BMB) Bangli.

Direktur Perusda BMB Bangli, Alit Putra menjelaskan, terhitung sejak tahun 2019, aset Pabrik Kopi Mengani telah kembali ke Pemkab Bangli.

Hal ini dikarenakan Perusda tidak melakukan perpanjangan sewanya.

Baca juga: Dewan Bangli Dukung Pengelolaan Kembali Pabrik Kopi Mengani, Dorong Eksekutif Usulkan Hibah Lahan

“Alasan tidak diperpanjang, karena perjanjian antara Pemkab dengan Perusda adalah kita juga nyewa ke Pemkab. Jadi kalau misalnya dari si PT Java sudah berapa tahun tidak bayar ke kita, dan tidak ada indikasi untuk melakukan pembayaran sewa ke kita, ya kita mau dapat duit dari mana untuk bayar sewa ke Pemkab,” ujarnya belum lama ini.

Mengenai kontrak kerja sama dengan PT Java Qahwa, Alit mengaku sudah clear.

Pihaknya telah melakukan berbagai upaya, mulai dari pendekatan secara kekeluargaan, surat peringatan hingga tiga kali, serta surat wanprestasi.

“Dari hasil diskusi sebelumnya dengan OPD terkait dan bapak wakil bupati, langkah-langkah yang sudah kita lakukan itu, sudah memenuhi untuk melakukan pemutusan kerjasama sepihak,” ucapnya.

Sementara terkait aset PT Java Qahwa yang ada di Pabrik Kopi Mengani, Alit mengatakan pihaknya masih menunggu surat pengosongan dari Pemkab Bangli.

Dari surat tersebut pihaknya akan menjadikan sebagai rujukan justifikasi kepada PT Java Qahwa, untuk melakukan pengosongan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved