Breaking News:

Corona di Bali

Diperkirakan Efektif hingga 60 Persen, PMI Bali Sudah Ambil Plasma Konvalesen di 900 Pendonor

Plasma Konvalesen sudah diambil sebanyak kurang lebih 900 orang dari penyintas Covid-19. Hal ini disampaikan dr I Gede Wiryana Patra Jaya, MKes

Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/Ni Luh Putu Wahyuni Sari
dr I Gede Wiryana Patra Jaya, MKes selaku Kepala UTD PMI Provinsi Bali ketika ditemui Tribun Bali pada Sabtu 29 Mei 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARPlasma Konvalesen sudah diambil sebanyak kurang lebih 900 orang dari penyintas Covid-19.

Hal ini disampaikan dr I Gede Wiryana Patra Jaya, MKes selaku Kepala UTD PMI Provinsi Bali.

Plasma tersebut sudah disebarkan ke beberapa rumah sakit, terutama rumah sakit rujukan yang menangani Covid-19.

Sementara untuk keberhasilan pengobatan Covid-19 dengan plasma konvalesen, ia belum berani menyatakan apakah dengan plasma konvalesen pasien Covid-19 bisa sembuh.  

Baca juga: Stok Plasma Konvalesen Golongan Darah AB di RSUP Sanglah Kosong, Begini Syarat & Caranya Mendonor

"Namun beberapa rumah sakit rujukan, seperti RSUD Wangaya dan RSUD Bali Mandara mengakui bahwa teknik pengobatan plasma konvalesen ini dapat membantu kesembuhan pasien Covid-19 hingga 60 persen," ungkapnya ketika ditemui pada, Sabtu 29 Mei 2021. 

Sementara itu, ia juga mengakui terdapat beberapa kendala yang dialami ketika akan mengambil plasma konvalesen dari para penyintas Covid-19.

Pertama karena penyintas Covid-19 tersebar di seluruh Bali, sedangkan pengambilan plasma konvalesen hanya dapat dilakukan di kota Denpasar di UTD PMI Provinsi Bali. 

Baca juga: PDDI Bali Hidupkan Kembali Lentera Donor Darah Terapi Plasma Konvalesen

"Hingga akhirnya kami berusaha membuat jaringan dengan teman-teman UTD di kabupaten yang ada di Provinsi Bali untuk bekerja sama mengumpulkan penyintas yang dapat mendonorkan plasma konvalesennya."

"Selain itu dan jika memang UTD kabupaten di luar Kota Denpasar, nantinya dapat mengumpulkan para penyintas, kami akan datang menjajaki para penyintas tersebut dan langsung mengambil plasma konvalesennya dan kebetulan kami sudah memiliki mesin untuk mobile," tambahnya. 

Baca juga: Sulit Penuhi Syarat Donor Plasma, Puluhan Personel Kodim 1619/Tabanan Belum Lulus Syarat

Sementara itu selama beberapa minggu ini, pihaknya akan selalu mengawasi perkembangan kasus, terlebih setelah libur panjang Lebaran.

Pihaknya pun kini juga mengkhawatirkan varian baru dari Covid-19.

"Maka dari itu kami semua mengimbau kepada masyarakat dan juga petugas PMI ketika beraktifitas agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain itu seluruh petugas PMI yang masih aktif bertugas sudah di vaksin Covid-19," tandasnya. (*) 

Berita lainnya di Corona di Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved