Breaking News:

Berita Bali

Bali Daerah Rawan Gempa dan Tsunami, Pemerintah Antisipasi dengan Bangun Tempat Evakuasi Sementara

wilayah Bali diapit oleh dua zona tsunami yakni zona lempengan Indo-Australia yang berada di selatan dan Sesar Flores yang ada di utara

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Ragil Armando
Suasana webinar yang digelar BPPT yang bertajuk ‘Bersama Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Ancaman Tsunami di Pulau Bali’, Kamis 3 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknolgi (BPPT) menyebutkan bahwa wilayah pesisir Bali baik di Bali Utara maupun selatan menjadi wilayah yang memiliki potensi ancaman bencana tsunami.

Pasalnya, wilayah Bali diapit oleh dua zona tsunami yakni zona lempengan Indo-Australia yang berada di selatan dan Sesar Flores yang ada di utara.

Bahkan, zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menghujam ke bawah Lempeng Eurasia di dekat kawasan itu merupakan generator gempa kuat.

Keadaan itu, menurut Program Management Office InaTEWS BPPT, Alfi Rusdiansyah menjadikan hal yang wajar jika wilayah Bali merupakan kawasan rawan gempa dan tsunami.

Baca juga: Ombak Ganas di Pantai Lebih Gianyar, BPBD Gianyar Sebut Tidak Ada Kerusakan

“Bali, Lombok, Flores ini diapit oleh dua zona tsunami bagian selatan tumpukan, dan di utara ada Sesar Flores,” paparnya dalam webinar yang digelar BPPT yang bertajuk ‘Bersama Membangun Kesiapsiagaan Terhadap Ancaman Tsunami di Pulau Bali’, Kamis 3 Juni 2021.

Ia menjelaskan bahwa menurut penelitian dari Pusat Gempa Nasional (PGN) dari dua zona tersebut, di sekitar Bali-Nusa Tenggara terdiri dari empat wilayah segmen patahan.

Yakni, Segmen Bali sepanjang 84 km, segmen Lombok-Sumbawa sepanjang 310 km, segmen Nusa Tenggara Timur sepanjang 236 km, dan segmen Wetar sepanjang 216 km.

“Menurut pusat gempa nasional, segmen-segmen patahan yang menunjukkan tsunami dari barat ke timur itu ada 4 segmen,” jelasnya.

Berdasarkan data yang ada tersebut, pihaknya telah merancang dua skema bencana tsunami di wilayah Bali dan Lombok.

“Kami mencoba dari pemodelan tsunami kami mencoba tsunami di wilayah Bali-Lombok jika terhadi gempa,” paparnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved