Breaking News:

Berita Bali

Dit Reskrimsus Polda Bali Ungkap Kejahatan Skimming ATM di Denpasar, Pelakunya Dua WNA Turki

awal mula terungkapnya kasus ini dari pihak bank yang mengetahui adanya peralatan yang terpasang pada mesin ATM berupa kamera tersembunyi

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
pelaku WNA asal Turki ditangkap Subdit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Bali. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Subdit V Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Bali berhasil mengungkap kejahatan skimming yang terjadi di wilayah Denpasar, Bali, dengan pelaku dua orang Warga Negara Asing (WNA) asal Turki.

Dua pelaku tersebut adalah EK, laki-laki, Warga Negara Turki dan AEM, laki-laki, Warga Negara Turki.

Direktur Reskrimsus Polda Bali, Kombes Pol Yuliar Kus Nugroho menerangkan, awal mula terungkapnya kasus ini dari pihak bank yang mengetahui adanya peralatan yang terpasang pada mesin ATM berupa kamera tersembunyi.

Kamera tersembunyi tersebut berfungsi untuk merekam nomor PIN nasabah, serta didapati wifi router yang berfungsi yang menyalin atau meng-copy data nasabah yang melakukan transaksi pada mesin ATM tersebut.

Baca juga: Desak Made Sudah Diperiksa Maraton, Polda Bali Segera Limpahkan Kasusnya ke Bareskrim Mabes Polri

Selanjutnya pihak bank melaporkan hal tersebut kepada Subdit V (siber) Ditreskrimsus Polda Bali.

"Modus  pelaku memasang alat berupa kamera tersembunyi yang dimodifikasi menyerupai perangkat ATM dan wifi router pada salah satu mesin ATM di wilayah Denpasar," kata Yuliar.

Setelah memperoleh informasi, Subdit V (Siber) di-back up oleh Satgas Jagra Dewata dipimpin oleh Kanit II Kompol Decky Hendra Wijaya melaksanakan pemantauan di sekitar lokasi ATM.

Pada hari Senin, 31 Mei 2021 sekitar pukul 01.30 Wita, petugas melihat 2 orang pelaku datang mengendarai sepeda motor, kemudian pelaku EK masuk ke dalam mesin ATM dan mengambil kamera tersembunyi yang telah terpasang sedangkan pelaku AEM berjaga di luar mesin ATM.

"Selanjutnya tim melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku, dimana saat itu kedua pelaku sempat melakukan perlawanan dan mencoba kabur namun akhirnya berhasil diamankan," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved