Breaking News:

Kepala OJK Regional Bali Nusra Apresiasi Program TPAKD Gianyar Sediakan Kredit Lawan Rentenir

Adapun salah satu program prioritas yang dibahas, yakni kredit melawan rentenir melalui penyediaan akses permodalan kepada masyarakat miskin di Gianya

Istimewa
Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara bersama jajarannya melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR- Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara bersama jajarannya melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Audiensi dilakukan selain sebagai bentuk sinergitas dengan stakeholders, juga untuk membahas program-program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Gianyar. 

Adapun salah satu program prioritas yang dibahas, yakni kredit melawan rentenir melalui penyediaan akses permodalan kepada masyarakat miskin di Gianyar dengan nama Kredit Usaha Rakyat Daerah Gianyar Aman Sejahtera (KURDA GAS). 

Baca juga: Minat Warga Gianyar Kerja di Jepang Rendah, Artawa: Padahal Hasilkan Rp 22 Juta Per Bulan

Program Kurda GAS ini sendiri diinisiasi oleh Bupati Gianyar dan dituangkan dalam Peraturan Bupati Gianyar No. 65 Tahun 2020 tentang KURDA Gianyar Aman Sejahtera dengan PT BPR Bank Daerah Gianyar (Perseroda) sebagai bank penyalur dan PT Jamkrida Bali Mandara sebagai penjamin. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala OJK Bali sangat mengapresiasi program KURDA GAS di Kabupaten Gianyar dan siap untuk bersinergi menyukseskan program ini sebagai salah satu program unggulan TPAKD Kabupaten Gianyar dalam rangka penyediaan kredit melawan rentenir.

Baca juga: Jalan Jebol di Banjar Pinda Blahbatuh Gianyar Masih Belum Diperbaiki

"Program Kurda UMK dan Koperasi dan KURDA GAS diharapkan dapat disinergikan dalam website kurbali.com sehingga dapat diakses dengan lebih mudah oleh seluruh masyarakat di Gianyar," ucap Giri Tribroto pada Kamis 3 Juni 2021. 

Adapun syarat untuk penerima KURDA GAS, yakni masyarakat Gianyar yang namanya tercantum dalam SK Bupati Gianyar tentang KK Miskin dengan bunga 6 persen pertahun dan tanpa jaminan dengan plafond maksimal Rp5 juta yang peruntukannya untuk memulai usaha.

Sehingga diharapkan penerima KURDA GAS mampu memiliki sumber penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Baca juga: Diduga Ada Ketidakadilan, Kini Tenaga Harian Lepas Kantor DLH Gianyar yang Mengeluh Soal Gaji

Adapun sumber dana dari kredit ini berasal dari APBD Kabupaten Gianyar dan untuk memantau penyalurannya, Pemkab Gianyar telah menyusun sistem pemantauan melalui aplikasi SiMonev yang disusun oleh Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar sehingga proses penyaluran kredit dapat dipantau secara real time oleh Bagian Perekonomian Pemkab Gianyar. 

Halaman
12
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved