Breaking News:

Berita Bali

Progres Pembukaan Pariwisata Bali untuk Wisman Capai 90%, Menparekraf Optimis Dibuka Juli, Benarkah?

Apakah optimis Juli 2021 pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara akan terealisasi? Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan dirinya optimis

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Komang Agus Ruspawan
Tribun Bali
Suasana Rapat Koordinasi Persiapan Pembukaan Pariwisata Bali Untuk Wisatawan Mancanegara di Badung, Bali, 11 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pembukaan Pariwisata Bali untuk Wisatawan Mancanegara, Jumat 11 Juni 2021 di Gedung Widyatula Poltekpar, Badung, Bali.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno yang tengah melakukan kunjungan kerja di Bali, menghadiri Rakor tersebut dan memberikan sedikit arahannya mengenai persiapan pembukaan pariwisata Bali untuk wisman.

"Hari ini kita membuka rapat koordinasi persiapan pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara, dan ini mengawali tahap-tahap akhir penyiapan kita yang terus kita persiapkan secara holistik dan komprehensif dalam beberapa bulan terakhir," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca Juga: Jika Pembukaan Bali Bagi Wisatawan Asing Diundur Lagi, Pengamat: Pariwisata Semakin Merana dan Mati 

Baca Juga: Pelaku Pariwisata Berharap Pembukaan Pariwisata Bali di Bulan Juli Bukan Sekadar PHP 

“Sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden bahwa kita membidik satu situasi yang sangat strategis ditengah-tengah pandemi, dan kesulitan ekonomi bagaimana kita menyiapkan Bali sebagai ikon pariwisata Indonesia dalam waktu tidak terlalu lama lagi memiliki pra kondisi yang tepat untuk membuka diri bagi wisatawan mancanegara,”.

Ia menambahkan prakondisi-prakondisi yang telah disampaikan sebelumnya seperti pengendalian kasus Covid-19, vaksinasi, penyiapan Travel Corridor Arrangement (TCA), peningkatan kepatuhan protokol Kesehatan, dan lain sebagainya.

Hari ini dilakukan awal dari penyiapan tahap akhir dan dilanjutkan dengan peninjauan-peninjauan 3 zona hijau yang disebut SUN, yaitu Sanur, Ubud dan Nusa Dua.

"Kami sendiri tadi sudah meninjau di Nusa Dua dengan impromtu kesiapan dari kawasan yang akan kita tetapkan sebagai kawasan yang prioritas untuk menerima wisawatan mancanegara. Harapannya ini bisa kita lakukan terus, kasus Covid-19 bisa terus ditekan dan keadaan Covid-19 secara global juga kondusif. Sehingga target yang diberikan kepada kita tentunya bisa kita selesaikan," imbuhnya.

Dan saat ini, katanya, persiapan pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara telah mencapai lebih dari 90 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved