Breaking News:

Berita Bali

Soal Swab Test Gratis Bagi Calon PMI Bali, Disnaker Sebut Hanya Fasilitasi Vaksinasi Covid-19

selain menyiapkan sejumlah dokumen penting, PMI juga dibebankan dengan adanya kewajiban swab test mandiri sebelum berangkat.

Penulis: Ragil Armando
Editor: Noviana Windri
Tribun Bali
Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali saat pulang ke tanah air beberapa waktu lalu. Kini sudah ada ribuan PMI asal Bali kembali berangkat berlayar ke kapal pesiar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali sudah mulai melakukan pengurusan dokumen untuk keberangkatannya bekerja di luar negeri terutama yang bekerja di kapal pesiar.

Sebagian PMI asal Bali sudah mulai berangkat ke kapal pesiar sejak bulan lalu. Lainnya masih menunggu jadwal keberangkatan.

Hanya saja, selain menyiapkan sejumlah dokumen penting, PMI juga dibebankan dengan adanya kewajiban swab test mandiri sebelum berangkat.

Kebijakan ini dirasa cukup memberatkan para PMI asal Bali. Karenanya mereka berharap difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Bali di awal sebelum berangkat.

Terkait dengan fenomena tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya hanya memfasilitasi terkait proses vaksinasi Covid-19 bagi para calon PMI asal Bali.

Pelayaran Kembali Dibuka, PMI Asal Bangli Satwika Bersyukur dan Bahagia

Gede Willy Keluarkan Biaya Rp 8 Juta Urus Dokumen, 171 PMI Asal Klungkung Berangkat ke Luar Negeri

“Yang sudah difasilitasi adalah vaksinasi Covid-19 bagi calon PMI,” kata dia, Jumat 11 Juni 2021.

Ia bahkan mengaku bahwa terkait swab test bagi para calon PMI asal Bali tersebut untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali.

“Kalau tentang Swab coba koordinasi dengan Dinas Kesehatan,” singkatnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Bali, Ketut Suarjaya mengatakan bahwa swab test secara gratis dari Pemprov Bali tersebut hanya berlaku bagi para suspect pengidap Covid-19 dan kontak erat dengan pasien saja.

“Test swab hanya untuk suspects dan kontak erat saja,” terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved