Breaking News:

Berita Denpasar

Prihatin Sampah Plastik, Sungai Watch Bersama Kodam IX/Udayana Bersih-Bersih Sungai di Denpasar

Komunitas Sungai Watch bersama personel TNI AD menggelar kegiatan Karya Bakti Pembersihan Sungai dan Hutan Mangrove

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dok. Pendam IX/Udayana
Kegiatan Karya Bakti Pembersihan Sungai dan Hutan Mangrove di Area Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I, Jalan By Pass Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali, pada Jumat 11 Juni 2021 - Prihatin Sampah Plastik, Sungai Watch Bersama Kodam IX/Udayana Bersih-Bersih Sungai di Denpasar 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Komunitas Sungai Watch bersama personel TNI AD menggelar kegiatan Karya Bakti Pembersihan Sungai dan Hutan Mangrove di Area Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I, Jalan By Pass Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali, Jumat 11 Juni 2021.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas Pecinta Lingkungan Sungai Watch dan didukung Kodam IX/Udayana ini turut dihadiri langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Asisten Teritorial Kasdam IX/Udayana, Kolonel Inf Made Mahaparta menyampaikan, bahwa gagasan kegiatan ini berawal dari keprihatinan akan sampah plastik di sungai dan pantai di Bali khususnya di wilayah Denpasar.

"Sehingga dari keprihatinan itulah muncul ide untuk bersama-sama membersihkan sungai dan pantai termasuk mangrove, karena tidak mungkin pembersihan sampah-sampah tersebut hanya dilakukan oleh satu atau dua pihak saja. Kemudian kegiatan ini saya yakinkan akan dilaksanakan secara kontinyu tentunya dengan ritme dan kekuatan yang berbeda," jelas Made Mahaparta.

Baca juga: Kodam IX/Udayana Distribusikan Bantuan Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19 di Bali

Dikatakan, Aster Kasdam IX/Udayana menekankan, bahwa sampah-sampah yang ada sekarang ini bukan karena kiriman dari luar pulau, melainkan kurangnya kesadaran warga dalam membuang sampah.

Adapun turut hadir bersama Pangdam diantaranya Kasdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Wali Kota Denpasar, Founder Sungai Watch, para Asisten Kasdam IX/Udy, para Dan/Kabalakdam IX/Udy dan para tamu undangan lainnya serta diikuti juga oleh para Prajurit TNI dan berbagai organisasi/komunitas masyarakat lainnya.

Kodam IX/Udayana Distribusikan Bantuan Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19 di Bali

Kodam IX/Udayana kembali mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan bantuan paket sembako dari Presiden RI Joko Widodo kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Provinsi Bali.

Paket sembako telah diterima dan disalurkan oleh Kodam IX/Udayana melalui satuan kewilayahannya pada Kamis 10 Juni 2021.

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menyampaikan, bantuan paket sembako dari Presiden RI disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali.

"Hari ini kami menerima bantuan dari Bapak Presiden RI untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di beberapa wilayah di Provinsi Bali. Jadi nanti kami akan mendorong langsung bantuan ini melalui Kodim 1611/Badung, Kodim 1616/Gianyar dan Kodim 1619/Tabanan, hari ini juga," ucap Kapendam kepada Tribun Bali.

Baca juga: Kodam IX/Udayana Menganggarkan Rp 64 Miliar untuk Pembayaran Gaji ke-13 Bagi 20 Ribu Personelnya

Antonius Teddy yang bertindak untuk dan atas nama Presiden Republik Indonesia menyerahkan sejumlah bingkisan paket sembako kepada Kodam IX/Udayana yang diterima langsung oleh Pabandya Wanwil Sterdam IX/Udayana Mayor Inf Vinsenslaus Jemudin dalam Berita Acara Penyerahan Barang.

"Bantuan paket sembako ini akan didistribusikan ke masing-masing Kodim jajaran di wilayah Provinsi Bali yang telah ditunjuk, selanjutnya dilaksanakan pembagian langsung ke masyarakat oleh Dandim setempat," tutup Kapendam.(*).

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved