Breaking News:

Berita Tabanan

Dua Pura di Tabanan Diusulkan Jadi Cagar Budaya, Berusia Ratusan Tahun & Ada Peninggalan Megalitikum

Dua Pura di Tabanan Diusulkan Jadi Cagar Budaya, Berusia Ratusan Tahun & Ada Peninggalan Megalitikum

Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Ilustrasi - Warisan Budaya Dunia (WBD). - Dua Pura di Tabanan Diusulkan Jadi Cagar Budaya, Berusia Ratusan Tahun & Ada Peninggalan Megalitikum 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Dua pura di Tabanan diusulkan menjadi cagar budaya di tahun 2021 ini, yakni Pura Batu Belig di Desa Rejasa, Kecamatan Penebel dan Pura Natar Jemeng di Desa Baru, Kecamatan Marga.

Keduanya diusulkan menjadi cagar budaya karena memiliki nilai sejarah yang dibuktikan dengan adanya  peninggalan megalitikum.

Bahkan, kedua pura tersebut juga dianggap sudah memenuhi syarat sebagai cagar budaya, salah satunya berusia ratusan tahun.

“Untuk tahun ini kita usulkan dua pura untuk menjadi cagar budaya di Tabanan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan, I Gusti Ngurah Supanji saat dikonfirmasi Minggu 13 Juni 2021.

Supanji melanjutkan, saat ini proses penetapan dua pura sebagai cagar budaya sudah di tahap pemberkasan tim verifikasi tim cagar budaya Dinas Kebudayaan Tabanan.

Setelah proses pemberkasan selesai diverifikasi, berkas akan diajukan ke tim ahli cagar budaya untuk disidangkan.

“Sekarang masih penyiapan berkas,” imbuhnya.

Baca juga: Subak di Bali yang Jadi Warisan Budaya Dunia Bakal Musnah pada 2030, Ini Penyebabnya

Supanji menyebutkan, jika tak ada halangan pada Juli bulan depan dua pura ini diprediksi sudah disidangkan ditetapkan menjadi cagar budaya tingkat Kabupaten Tabanan.

“Kami target berkas di Dinas Kebudayaan bulan Juni sudah tuntas, paling tidak Juli tim ahli sudah sidang untuk dua tertuga cagar budaya ini,” tegasnya.

Supanji menjelaskan, dua pura ini diusulkan menjadi cagar budaya sesuai penilaian sementara dari tim inventarisasi memang memenuhi syarat sebagai cagar budaya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved